Pengembangan mobile assisted language learning berbasis game dalam pengenalan kosa kata bahasa Jepang bagi pemula / Agus Arifin Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile assisted language learning berbasis game dalam pengenalan kosa kata bahasa Jepang bagi pemula / Agus Arifin Wijaya

Wijaya, Agus Arifin (2018) Pengembangan mobile assisted language learning berbasis game dalam pengenalan kosa kata bahasa Jepang bagi pemula / Agus Arifin Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Agus Arifin. 2018. Pengembangan Mobile Assisted Language Learning Berbasis Game Dalam PengenalanKosa Kata Bahasa Jepang Bagi Pemula. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarja Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saida Ulfa S.T. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Henry Praherdiono S.Si. M.Pd.Kata kunci Mobile Assisted Language Learning Game Bahasa Jepang.Bahasa merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi seseorang untuk berkomunikasi antara orang yang satu dengan yang lainnya.Para tenaga kerjayang bekerja di Negera Jepang diwajibkan mampu dalam menguasai bahasa jepang.SMK Negeri 11 Malang memiliki jurusan keperawatan yang pada tahun 2017 telah menyiapkan 126 siswanya untuk siap bekerja.Namun SMK Negeri 11 Malang masih belum memiliki mata pelajaran bahasa jepang di dalam kurikulumnya. Sedangkan kebutuhan akan pembelajaran bahasa jepang diperkuat dengan kenyataan bahwa negara jepang membuka lowongan bagi lulusan tenaga perawat di Indonesia untuk bekerja di sana sebagai tenaga perawat tetap. Pihak sekolah yang telah menerapkan sistem Full Day School berimbas pada banyak hal. Salah satunya adalah padatnya jadwal siswa belajar setiap harinya. Penambahan jam mata pelajaran bahasa jepang tentunya akan menjadi beban tambahan bagi siswa.SMK Negeri 11 Malang yang mengijinkan siswanya untuk boleh belajar dengan menggunakan smartphoneadalah salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan pemanfaatan smartphonesebagai media pembelajaran maka dikembangkanlah mobile assisted language learning berbasisgame. Pemilihan game kedalam pembelajaran ini didasari dari padatnya jadwal pelajaran yang harus ditempuh siswa setiap harinya. Dengan game siswa tidak akan merasa terbebani apabila mempelajari bahasa jepang disela kesibukan sekolah.Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan aplikasi mobile assisted language learning berbasisgamedalam pengenalan kosa kata bahasa jepang yang valid terhadap siswa kelas XI Jurusan Keperawatan SMK Negeri 11 Malang. Pengembangan ini menggunakanmetode pengembangan Lee Owensuntuk mengembangkan aplikasi mobile assisted language learning berbasisgamedalam pengenalan kosa kata bahasa jepang. Adapun langkah-langkah tersebut meliputi (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi.Hasil pengembangan aplikasi mobile assisted language learning berbasisgamedalam pengenalan kosa kata bahasa jepang ini memenuhi kriteria valid yakni dengan ditunjukkan dari hasil perhitungan dataoleh1 orang ahli mediadidapatkan hasil98 75%dengan tingkatan valid hasil perhitungan data 2 orang ahli materi didapatkan hasil92 5%dengan tingkatan valid hasil perhitungan data 3 orang uji coba perorangan didapatkan hasil84 5% dengan tingkatan valid hasil perhitungan data 6 orang uji coba kelompok kecil didapatkan hasil83 5%dengan tingkatan validdanhasil perhitungan data20oranguji coba lapangan didapatkan hasil85%dengan tingkatan valid.Bagi pihak sekolah diharapkan pembelajaran mandiri menggunakan smartphonebisa menjadi wawasan baru dan salah satu sumber bahan ajar yang dapat diterapkan ke dalam proses pembelajaran yang masih susah dalam mengajarkan materi ajarnya di dalam kelas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57279

Actions (login required)

View Item View Item