Pengembangan Pembelajaran Model Project-Based Teaching Practices Berbantuan Web Pada Siswa Dengan Kondisi Motivasi Intrinsik Rendah / Mochamad Farid Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Pembelajaran Model Project-Based Teaching Practices Berbantuan Web Pada Siswa Dengan Kondisi Motivasi Intrinsik Rendah / Mochamad Farid Yusuf

Yusuf, Mochamad Farid (2018) Pengembangan Pembelajaran Model Project-Based Teaching Practices Berbantuan Web Pada Siswa Dengan Kondisi Motivasi Intrinsik Rendah / Mochamad Farid Yusuf. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusuf Mochammad Farid. 2018. Pengembangan Pembelajaran Model Project-Based Teaching Practices Berbantuan Web Pada Siswa Dengan Kondisi Motivasi Intrinsik Rendah. Tesis Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Project-Based Teaching Practices Web Motivasi Intrinsik Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di SMK Negeri 5 Malang kelas XI pada Mata Pelajaran RBJ dapat diketahui hal berikut (a) Perbedaan tipe belajar karakteristik dan latar belakang pembelajaran (b) pembelajaran klasikal kurang sesuai dengan karakteristik materi perencanaan jaringan (c) keterbatasan waktu untuk mencapai tujuan pembelajaran (d) rata-rata ketuntasan belajar masih dibawah 40 % didapat dari rendahnya motivasi intriksi para siswanya dan (d) setiap siswa memiliki perangkat laptop sendiri dan tersedianya akses internet dengan kecepatan 120 MBps. Salah satu jenis pembelajaran yang mampu meningkatkan keahlian dan keterampilan di SMK adalah pembelajaran model Project-Based Teaching Practices berbantuan web dimana inti dari pembelajaran tersebut adalah pengalaman belajar secara nyata dibantu dengan teknologi web. Berkaitan dengan itu diperlukan pengembangan pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan siswa berupa kemampuan dalam merancang dan membangun jaringan di SMK Negeri 5 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pembelajaran yang layak melalui uji validasi sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran RBJ kelas XI TKJ-2 SMKN 5 Malang dan mengkaji efektifitas pembelajaran model Project-based Teaching Practices berbantuan web. Produk Pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004) yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan (2) analisis Awal-Akhir (3) desain (4) pengembangan (5) implementasi (6) evaluasi. Hasil validasi oleh ahli Desain pembelajaran memberikan penilaian 94% dengan kriteria valid ahli media memberikan penilaian 92 % dengan kriteria valid ahli materi memberikan penilaian 92 % dengan kriteria valid uji coba siswa perseorangan menghasilkan penilaian 88% dengan kriteria valid uji coba kelompok kecil menghasilkan penilaian 87% dengan kriteria valid uji coba kelompok besar menghasilkan penilaian 91% dengan kriteria valid dan tes hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menghasilkan penilaian 87% siswa yang memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan bahwa produk pembelajaran ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Perencanaan dan pemutakiran jaringan. Oleh karena itu desain pembelajaran ini dapat digunakan guru sebagai alternatif rancangan pembelajaran. Pengembang lain diharapkan penelitian ini bermanfaat sebagai masukan dalam melakukan pengembangan desain pembelajaran untuk materi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57278

Actions (login required)

View Item View Item