Pengembangan multimedia interaktif huruf Kanji pada mata kuliah Kanji 2 Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya / Arief Fatkhurozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif huruf Kanji pada mata kuliah Kanji 2 Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya / Arief Fatkhurozi

Fatkhurozi, Arief (2018) Pengembangan multimedia interaktif huruf Kanji pada mata kuliah Kanji 2 Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya / Arief Fatkhurozi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatkhurozi Arief. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Huruf Kanji Pada Matakuliah Kanji 2 Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Pembimbing (II) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata Kunci pengembangan multimedia interaktif kanji Pembelajaran huruf kanji menjadi salah satu subjek penting dalam pembelajaran bahasa Jepang.Pemahaman secara menyeluruh terhadap huruf kanji memunculkan gagasan untuk mengaplikasikan sebuah teknologi yang dapat membantu pembelajaran huruf kanji lebih baik.Penggunaan teknologi dalam pembelajaran salah satunyadapat diterapkan dengan penggunaan multimedia interaktif.Multimedia interaktif memungkinkan berlangsungnya proses belajar baik secara individual maupun klasikal menjadi lebih efektif dan menyenangkan.Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan efektif sesuai dengan kebutuhan pada pembelajaran huruf kanji. Metode penelitian ini adalah pengembangan multimedia pembelajaran yang menggunakan model Lee Owen. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa kelas A Kanji II prodi sastra jepang Universitas Brawijaya. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran adalah (1) analisis kebutuhan dan analisis menyeluruh (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket observasi wawancara dan tes. Teknik analisis data yang dihasilkan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah multimedia interaktif huruf kanji yang berisi materi pembelajaran huruf kanji dan latihan soal. Kesimpulan dari pakar media menunjukkan bahwa validitas media sebesar 95 83% dan dari ahli materi adalah 90 62% dari uji individual adalah 90 62% tes kelompok kecil adalah 85% dan dari hasil tes audien adalah 86 89%. Kemudian dari hasil analisis data evaluasi belajar siswa adalah83.33% siswa yang berhasil memenuhi standar kelulusan minimum. Dan berdasarkan tingkat konversi kualifikasi media produk tersebut termasuk dalam kategori media yang efektif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa multimedia interaktif kanji valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Kanji. 8195 ABSTRACT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57275

Actions (login required)

View Item View Item