Pengembangan buku digital dengan prinsip Universal Design for Learning (UDL) untuk kegiatan belajar mandiri pada mata pelajaran IPA / Budi Setyo Margono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku digital dengan prinsip Universal Design for Learning (UDL) untuk kegiatan belajar mandiri pada mata pelajaran IPA / Budi Setyo Margono

Margono, Budi Setyo (2017) Pengembangan buku digital dengan prinsip Universal Design for Learning (UDL) untuk kegiatan belajar mandiri pada mata pelajaran IPA / Budi Setyo Margono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Margono Budi Setyo. 2017. Pengembangan Buku Digital dengan Prinsip Universal Design for Learning (UDL) untuk Kegiatan Belajar Mandiri pada Mata Pelajaran IPA. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr. Sulton M.Pd. Kata kunci Buku Digital Universal Design for Learning (UDL) Belajar Mandiri IPA Mengefektifkan penguasaan materi pada kegiatan belajar mandiri dengan kebutuhan belajar yang berbeda-beda diperlukan sebuah media belajar yang bersifat universal yaitu sesuai dengan gaya belajar siswa yang berbeda-beda sesuai dengan kecepatan belajar siswa yang berbeda-beda mudah dioperasikan dan kompetibel dengan berbagai perangkat pendukung serta memiliki fitur yang menarik agar bisa memotivasi belajar mereka. Pengembangan buku digital untuk kegiatan belajar mandiri ini mengaplikasikan prinsip Universal Design for Learning (UDL) yang mampu mengurangi hambatan belajar ini mengacu pada model Dick and Carey (2005). Konten utama materi ajar disajikan dalam video yang diperkaya dengan media audio (narasi) dan visual (teks grafik gambar dan animasi yang menarik) serta interaktif-kinestetik (berupa menu untuk memperbesar memperkecil mengulang berhenti memperlambat mempercepat melompat ke halaman atau bagian tertentu) untuk memperkuat daya tangkap siswa. Buku digital ini bisa mengefisienkan jam belajar dan mengefektifkan penguasaan materi ajar namun membutuhkan banyak waktu untuk persiapan materi proses edit dan disain. Hasil validasi dari ahli media adalah 96% ahli materi 87 78% ujicoba perorangan 90% ujicoba kelompok kecil 87 5 dan ujicoba lapangan 88 95% dengan rerata 88 82%. Efektivitas buku digital ini adalah 84 21% dengan nilai rerata siswa 83 26. ABSTRACT Margono Budi Setyo. 2017. Developing Digital Book with The Principle of Universal Design for Learning (UDL) for Independent Learning at Subject Science Key words Digital Book Universal Design for Learning (UDL) Independent Learning Science. Independent Learning needs an instructional media with universal specification to achieve the efective mastery learning. It must fit to various of the learning style speed of the learning the learner s capacity to operate be competible to various gadget and have interesting fiture which can motivate them to learn. The developing of the digital book which aims to provide self-directed learning and applies the principle of Universal Design for Learning (UDL) to reduce the barrier of learning refers to model of Dick and Carey model (2005). The content is presented in the video which enriched with audio (naration) visual (text graphic image animation) and kinaesthetic media (menu to zoom in zoom out repeat stop slower faster jump into certain page or part) in order to be more perceivable for student with different needs. It enhances the student s achievement but takes much time and energy to prepare. The result of validation at media is 96% at material is 87 78% personal trial is 90% small group trial is 87 5 and filed trial is 88 95% with everage is 88 82%. The Efectiveness of digital book is 84 21% with everage score of the achievement is 83 26.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57270

Actions (login required)

View Item View Item