Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) untuk materi fiqih di Pondoh Pesantren Tarbiyatul Quran Al-Faqihiyah Nganjuk / Shoviyul Himami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) untuk materi fiqih di Pondoh Pesantren Tarbiyatul Quran Al-Faqihiyah Nganjuk / Shoviyul Himami

Himami, Shoviyul (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) untuk materi fiqih di Pondoh Pesantren Tarbiyatul Quran Al-Faqihiyah Nganjuk / Shoviyul Himami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Himami Shoviyul. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Materi Fiqih Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al-Faqihiyah Nganjuk. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Keywords perangkat pembelajaran problem based learning fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning untuk pada materi Fiqih di Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al-Faqihiyah Nganjuk untuk siswa (santri) kelas Tahfidz Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al-Faqihiyah Nganjuk. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai sesuai dengan aspek kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan Dick and Carey. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas Tahfidz Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al-Faqihiyah Desa Sonopatik Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran angket respon siswa lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4 43 dari skor maksimal 5 00 dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4 24 dari skor maksimal 5 00 dengan kriteria baik. Kualitas kepraktisan model pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 4 31 dari maksimal 5 00 dengan kriteria sangat baik dan persentase rata-rata lembar observasi keterlaksanaan kegiataan pembelajaran yaitu 94.99% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan model pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil pretest dan post-test dengan peningkatan persentase dari 7% menjadi 87% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57269

Actions (login required)

View Item View Item