Pengaruh model pembelajaran kooperatif bamboo dancing dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif PJOK siswa kelas VIII SMP Charis Malang / Danang Ardiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif bamboo dancing dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif PJOK siswa kelas VIII SMP Charis Malang / Danang Ardiyanto

Ardiyanto, Danang (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif bamboo dancing dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif PJOK siswa kelas VIII SMP Charis Malang / Danang Ardiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiyanto Danang. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Bamboo Dancing dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar Kognitif PJOK Siswa Kelas VIII SMP Charis Malang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd dan (II) Dr. AJE Toenlioe M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Bamboo Dancing Motivasi Berprestasi Hasil Belajar Kognitif Mata pelajaran PJOK mempunyai pengaruh yang penting bagi kehidupan manusia khususnya dalam hal kesehatan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis 1) perbedaan hasil belajar kognitif mata pelajaran PJOK pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatifbambbo dancing dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional (ceramah) 2) perbedaan hasil belajar kognitif mata pelajaran PJOK antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah 3) interaksi yang ada antara model pembelajaran kooperatif bamboo dancing dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran PJOK. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan eksperimen kuasi dengan desain faktorial sederhana 2 x 2. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Charis Malang . Siswa yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu kuisioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar mata pelajaran PJOK. Hasil penelitian ini adalah 1)nilai rata-rata ( mean ) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing lebih tinggi ( sebesar 6 24 ) dari pada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional ( sebesar 5 46). 2) nilai rata-rata sebesar 26 60 nilai minimum 16 nilai maksimum 38 dan standar deviasinya sebesar 6 014. Sedangkan kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata sebesar 29 46 nilai minimum 18 nilai maksimum 45 dan standar deviasinya sebesar 7 901. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan 1) model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Hasil belajar matapelajaran PJOK pada siswa kelompok eksperimen (diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing) lebih tinggi dari pada hasil belajar matapelajaran PJOK pada siswa kelompok kontrol (diajar menggunakan model konvensional). 2) motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar matapelajaran PJOK pada siswa yang motivasi berprestasi tinggi lebih baik daripada hasil belajar matapelajaran PJOK pada siswa yang motivasi berprestasi rendah. 3) tidak ada interaksi signifikan antara pembedaan model pembelajaran dan pembedaan motivasi berprestasi dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa matapelajaran PJOK. Dengan kata lain perlakuan pembedaan model pembelajaran dan perbedaan motivasi berprestasi memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar siswa matapelajaran PJOK namun tidak saling berinteraksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57268

Actions (login required)

View Item View Item