Pengembangan bahan ajar berbasis lingkungan dengan model Dick Carey untuk mata pelajaran produksi hasl perikanan tradisional / Lailiasari Suryaning Desi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis lingkungan dengan model Dick Carey untuk mata pelajaran produksi hasl perikanan tradisional / Lailiasari Suryaning Desi

Desi, Lailiasari Suryaning (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis lingkungan dengan model Dick Carey untuk mata pelajaran produksi hasl perikanan tradisional / Lailiasari Suryaning Desi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Desi Lailiasari. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Dengan Model Dick Carey Untuk Mata Pelajaran Produksi Hasil Perikanan Tradisional. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Kata kunci Pengembangan Bahan Cetak Produksi Hasil Perikanan Tradisional Hasil wawancara yang dilakukan kepada siswa yaitu 90% siswa mampu melakukan praktek pengolahan akan tetapi landasan teori kurang menguasai. Siswa hanya melakukan praktek sesuai tahapan proses yang diberikan guru akan tetapi kurang memahami landasan teori pada setiap tahapan pengolahan. Siswa memerlukan bahan ajar yang efektif dalam menarik menarik minat siswa untuk belajar dan efisien terhadap waktu pembelajaran.Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu bahan ajar cetak berbasis lingkungan yang sistematis efektif efisien dan valid untuk siswa SMK Jurusan Pengolahan Perikanan. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan untuk mata pelajaran Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional kelas XISMK Perikanan adalah model desain Dick et al. (2009). Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data diperoleh dari review ahli isi ahli media ahli desain uji coba perorangan kelompok kecil dan lapangan. Berdasarkan hasil review ahli pada bahan ajar yang disajikan terlihat bahwa perolehan skor ahli materi 93 4% ahli desain 93 2% ahli media 95 8%. Berdasarkan uji coba yang dilakukan diperoleh data sebagai berikut uji coba perorangan 96 7% kelompok kecil 94 3% dan uji coba lapangan 95 5%. Berdasarkan data review ahli dan uji coba dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar cetak yang dikembangkan berada pada kualifikasi sangat layang dan dapat langsung digunakan tanpa revisi. Saran Deseminasi bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan siswa atau sekolah lain pada kelas XI jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan karena bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku akan tetapi sebaiknya dilakukan evaluasi sumatif dulu agar dapat dilakukan secara luas.Saran Pengembangan Produk Lebih LanjutProduk yang dikembangkan adalah bahan ajar cetak kategori print media sehingga lebih baik lagi jika dikembangkan dengan menambahkan video proses praktikum yang dikemas dalam CD. Dapat juga dikembangkan menjadi bahan ajar yang dapat diterapkan secara digital pada perangkat smart phone karena siswa hampir semua menggunakan fasilitas smart phone. ABSTRACT Desi Lailiasari. 2017.Development of Environment Based Teaching Materials with Dick Carey Model for Traditional Fishery Products Production Subject.Thesis Study Program of Instructional Technology. Graduate Program. State University of Malang.Advisors (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Kata kunci Development Printed Instructional Material Production of traditional fishery products The results of interviews conducted to students is 90% of students are able to perform the practice of processing but the theoretical basis less master. Students only practice according to the stages of the process given by the teacher but will not understand the theoretical basis at each stage of processing. Students need instructional materials that are effective in attracting students interest to learn and are efficient towards learning time. The purpose of this development research is to produce a systematic effective efficient and valid environmental-based printed material for vocational school students of Fishery Processing Department. Learning device development model used for subjects Processing Traditional Fishery Product XI SMK Fishery is a design model of Dick et al.(2009). Data analysis techniques used in this development is to use descriptive statistical analysis and qualitative descriptive analysis. To obtain data obtained from the review of content experts media experts design experts individual trials small groups and field. Based on the expert review on the teaching materials presented it is seen that the acquisition of expert material score 93 4% design experts 93 2% media experts 95 8%. Based on the experiment the data obtained were 96 7% small group 94 3% and field trial 95 5%. Based on expert review and trial data it can be concluded that the developed printed material product is in highly qualified kite and can be directly used without revision. Suggestions Dissemination of teaching materials developed can be used by students or other schools in class XI majoring in Agribusiness Processing of Fishery Products because the teaching materials developed in accordance with the applicable curriculum but should be done sumatif evaluation first to be done widely. Further Product Development Advice The developed product is print media print media materials so it is even better if it is developed by adding a video of the lab process that is packaged in a CD. Can also be developed into teaching materials that can be applied digitally on smart phone devices because students almost all use smart phone facilities.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57266

Actions (login required)

View Item View Item