Pengaruh pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media video terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Jember / Luluk Mauli Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media video terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Jember / Luluk Mauli Diana

Diana, Luluk Mauli (2017) Pengaruh pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media video terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Jember / Luluk Mauli Diana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diana Luluk Mauli 2017 Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Video Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Jember. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) media video keterampilan sosial hasil belajar Model pembelajaran Numbered Head Together dapat membuat siswa terlatih untuk menyampaikan jawaban berdiskusi kelompok dan saling menghargai dalam menyampaikan ide-ide pada suatu kelompok sampai mereka menemukan jawaban terbaik. Akan tetapi hal ini belum cukup membantu perbaikan kualitas pembelajaran IPS khususnya pada materi yang bersifat abstrak. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk memahami konsep yang sedang dipelajari. Media video termasuk dalam kategori bahan ajar audiovisual yang mengombinasikan dua materi yaitu materi visual dan materi auditif. Dan pembelajaran kooperatif numbered head together berbantuan media video mempunyai struktur yang memungkinkan dalam pencapaian keterampilan sosial dan hasil belajar secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis apakah terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media video terhadap keterampilan sosial IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Jember dan (2) menganalisis apakah terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Jember. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dimana peneliti memberikan perlakuan pada subjek penelitian. Prosedur eksperimen quasi ini dilakukan dengan mengacu pada desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data untuk hasil belajar dilakukan dengan melaksanakan tes hasil belajar dan data keterampilan sosial melalui angket keterampilan sosial. Uji prasyarat analisis data normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test dan untuk homogenitas menggunakan uji Test of Homogeneity of Variance. Analisis data hipotesis menggunakan Multivariate Analysis of Variances (MANOVA) pada taraf signifikansi 0 05 dan dengan bantuan program sofware statistical package for social science (SPSS) versi 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh pembelajaran kooperatif numbered head together berbantuan media video terhadap keterampilan sosial dengan F hitung 69 03 dengan p-value (0 000) dan (2) ada pengaruh pembelajaran kooperatif numbered head together berbantuan media video terhadap hasil belajar dengan F hitung 32 72 dengan p-value (0 000). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk menerapkan model ini pada mata pelajaran lain baik IPS IPA atau bahasa. Disarankan pula pada jenjang pendidikan yang lain seperti MTS SMA atau perguruan tinggi untuk mengetahui kemudian membandingkan apakah dengan kelas tempat jenjang atau mata pelajaran berbeda akan diperoleh hasil yang sama. ABSTRACT Diana Luluk Mauli 2017 The Influence of Number Head Together with Video Assist Toward Student s Social skill and Learning Outcomes in Social Studies Subject of Eighth Grade SMP Islam Al-Hidayah Kaliwates Jember. Thesis Instructional Technology Program State University of Malang. Advisors (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Dr. Sulthoni M.Pd Keywords Numbered Head Together Cooperative learning model video social skill learning outcomes Numbered Head Together learning model be able to lead students to be more trained in giving an answer discussing in a group and respecting each other in conferring ideas in a group till they find the best answer. In the other hand it could not be helped enough in improving the quality of social studies subject learning process especially in an abstract material. Therefore learning media which facilitate students in understanding the learning concept is needed. Video tool is categorized as an audiovisual teaching material which combine two materials those are visual material and audio material. Number head together Cooperative learning model with video tool assist has a structure which enable social skill and learning outcomes accomplishment in a same way. The purpose of this research are1) analyzing whether there is an influence of this numbered head together cooperative learning model through student s social skill of eight grade in SMP Islam Al-Hidayah Jember 2) analyzing whether there is an influence of this numbered head together cooperative learning model through student s learning outcomes of eight grade in SMP Islam Al-Hidayah Jember Quasi experiment is used in this research where researcher give a treatment for research subject. The procedure of this quasi experiment was done by refer to the design of Nonequivalent Control Group Design. The research subjects were 40 students who were divided into two classes A class as an experimental group and B class as a control group. The data collecting of learning outcomes was done by conducting a learning outcomes test and the data of social skill through social skill questioner. The pre-requirement test for normality data analysis was done by using Kolmogorov-Smirnov Test and homogeneity test was done by using Test of Homogeneity of Variance. The hypothesis data analysis used Multivariate Analysis of Variances (MANOVA) in significance degree of 0 05 with the aid of software statistical package for social science (SPSS) 19.0 version for windows. The research result are 1) there is an influence of numbered head together cooperative learning model with the assist of video through student s social skill with the F quantification of 69 03 with p-value (0 000) and 2) there is an influence of numbered head together cooperative learning model with the assist of video through student s learning outcomes with the F quantification of 32 72 with p-value (0 000) Suggestions for further research are this model has to be applied in each lesson such as social science or language studies. In addition this model also be applied in each level of grade such as MTs (Madrasah Tsanawiyah) Senior High School or university level in order to measure and compare whether with the different class place grade or lesson will be discovered by the same result.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57264

Actions (login required)

View Item View Item