Pengembangan desain pembelajaran berbasis blended learning untuk kelas writing materi argumentative essay tadris bahasa Inggris STAIN Pamekasan / Firda Ayu Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain pembelajaran berbasis blended learning untuk kelas writing materi argumentative essay tadris bahasa Inggris STAIN Pamekasan / Firda Ayu Wahyuni

Wahyuni, Firda Ayu (2017) Pengembangan desain pembelajaran berbasis blended learning untuk kelas writing materi argumentative essay tadris bahasa Inggris STAIN Pamekasan / Firda Ayu Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Firda Ayu. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Kelas Writing Materi Argumentative Essay Tadris Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed M.Pd Kata kunci Desain pembelajaran blended learning argumentative essay Kemampuan menulis merupakan salah satu output skill yang mengedepankan kemampuan berpikir dalam memberikan ide atau gagasan di dalam sebuah tulisan. Esai argumentatif adalah salah satu contoh esai yang dibangun oleh kerangka argument-argumen dari penulis yang bertujuan untuk mengubah pola pikir pembaca terhadap sebuah permasalahan. Pembelajaran berbasis blended learning ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk dapat meningkatkan kualitas penulisan esai argumentatif mereka. Pembelajaran berbasis blended learning memiliki dua metode pembelajaran yakni kelas offline (tatap muka) dan online. Kelas online ditambahkan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk dapat melatih kemampuan berargumen melalui debat online. sedangkan kelas offline atau tatap muka menjadi sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan yang berkenaan dengan kerangka dan aturan-aturan menulis serta juga meningkatkan kemampuan menulis dengan melakukan konsultasi secara face-to-face dengan dosen mengenai hasil esai mereka. Model Lee Owens digunakan sebagai patokan di dalam melakukan pengembangan ini. Ada lima tahapan di dalam model ini yakni 1) Analisa 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Model ini digunakan dngan pertimbangan bahwa model ini menjadikan teknologi dan media sebagai hal penting di dalam sebuah proses belajar mengajar. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektivan dari pembelajaran berbasis blended learning yang diterapkan di dalam kelas writing pada materi argumentative essay. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis blended learning ini layak dan efektif untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Hasil ini diperoleh dari uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli desain yang menghasilkan prosentase sebesar 80% validasi ahli media menghasilkan 96% dan ahli materi pada prosentase 82% dan ketiganya menghasilkan kategori valid. Sedangkan pada hasil uji coba kelompok kecil menghasilkan prosentase sebesar 77% dengan kategori cukup layak dan prosesentase 83% didapatkan dari hasil uji coba lapangan. Selanjutnya pembelajaran ini dikategorikan sebagai pembelajaran yang efektif untuk diterapkan dan mendapatkan skor 82% dengan melihat hasil tes hasil belajar dengan 17 mahasiswa telah menghasilkan esai dengan kategori good essay . Saran untuk pengembangan selanjutnya adalah dengan memperhatikan pembagian durasi waktu antara kelas tatap muka dan online. Kemudian cakupan materi yang lebih diperluas dan prosedur pembelajaran harus lebih bervariasi. ABSTRACT Wahyuni Firda Ayu. 2017. The Development of Blended Learning-Based Instructional Design for Writing Argumentative Essay Class at English Education Department of STAIN Pamekasan. Thesis Instructional Technology Program State University of Malang. Advisors (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed M.Pd Keywords Learning design blended learning argumentative essay Writing is one of the output skill which put forward of someone s thinking competence in giving an idea through a writing framework. Argumentative essay is one example of an essay which is constructed by the framework of the author s arguments and aimed in changing reader s perception of some topics or problems. Notably blended learning is expected in providing an opportunity in order for learners be able to improve the quality of their writing argumentative essay. Blended learning has two learning methods those are offline (meeting class) and online class. Online class is added as a means for students in improving their arguing ability through virtual debate (online debating). Whereas offline or meeting class become a place to improve their knowledge about framework and rules of writing. In addition this class is used in improving their writing skill through face-to-face discussion with their lecturer to discuss their essay. Development model by Lee Owens is used as a directive in this development research. There are 5 development stages in this model those are 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation and 5) Evaluation. The consideration in using this model because of the reason that media and technology take an important role in teaching learning process. The purpose of this development is to determine the validity and effectiveness of this blended learning when it is applied in writing argumentative essay s class. The result of this research shows 80% validity from learning design expert 96% from media expert and 82% from material expert and this blended learning is categorized as a valid treatment to be applied in learning process. In addition from the prototype test for small and field group shows that this learning strategy got 77% valid from small group test and 83% validity from field test. Furthermore this learning strategy is categorized as an effective treatment to be applied and get score of 82% by looking at the learning result of the students which 17 from 20 student s argumentative essay are categorized as a good essay. Lastly suggestions for further research is to consider about time division of offline (meeting class) and online class. Then the coverage of the more extended material and the learning procedures should be more varied.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57263

Actions (login required)

View Item View Item