Pengembangan media video pembelajaran berbasis virtual field trip (VFT) pada mata pelajaran IPS kelas V SDNU Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember / Vannisa Aviana Melinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran berbasis virtual field trip (VFT) pada mata pelajaran IPS kelas V SDNU Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember / Vannisa Aviana Melinda

Melinda, Vannisa Aviana (2017) Pengembangan media video pembelajaran berbasis virtual field trip (VFT) pada mata pelajaran IPS kelas V SDNU Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember / Vannisa Aviana Melinda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Melinda Vannisa Aviana. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDNU Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M. Pd (II) Dr. Dedi Kuswandi M. Pd Kata Kunci Pengembangan media video pembelajaran. Virtual Field Trip (VFT). Salah satu media teknologi informasi dan komunikasi yang mampu menjangkau masyarakat luas dan sekaligus paling populer adalah media video. Video termasuk ke dalam media audio visual pengajaran melalui audio-visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata atau simbol- simbol yang serupa. Penggunaan media video yang bersifat audio visual dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran di kelas terutama di kelas bawah yaitu di Sekolah Dasar (SD). Tujuan dari pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk media video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) yang valid sebagai sumber belajar dan efektif untuk pembelajaran IPS di kelas V SD/MI. Pengembangan media video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) ini menggunakan model pengembangan Assure adapun langkah-langkah pengembangannya yaitu terdiri dari 6 langkah tindakan yang meliputi (1) analisis siswa (2) menentukan tujuan pembelajaran (3) memilih metode media dan materi (4) menggunakan media dan materi (5) mendorong partisipasi siswa dan (6) evaluasi dan perbaikan. Subjek yang dituju dalam validasi pengembangan adalah siswa kelas V SDNU Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada materi IPS kelas V di SDNU Kraton ini secara keseluruhan dinyatakan sangat layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 94 28% ahli desain sebesar 84 44% ahli media sebesar 91 42 siswa perorangan sebesar 95% siswa kelompok kecil 92 5% siswa kelompok besar/lapangan sebesar 90 90%. Setelah dilakukan validasi ahli dan uji coba siswa kemudian dilanjutkan dengan tes akhir tes ini dilakukan guna untuk mengetahui keefektifan penggunaan video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT). Untuk tes hasil belajar rata-rata hasil belajar 82 27 dari 33 siswa terdapat 31 siswa (93 93%) yang mencapai KKM dan 2 siswa (6 07%) yang belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang memenuhi KKM mencapai tingkat persentase 93 93% sehingga video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) ini efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57261

Actions (login required)

View Item View Item