Pengembangan video pembelajaran karakter berbasis animasi frame untuk anak sekolah minggu / Denissa Alfiany Luhulima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran karakter berbasis animasi frame untuk anak sekolah minggu / Denissa Alfiany Luhulima

Luhulima, Denissa Alfiany (2017) Pengembangan video pembelajaran karakter berbasis animasi frame untuk anak sekolah minggu / Denissa Alfiany Luhulima. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luhulima Denissa. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Berbasis Animasi Frame Untuk Anak Sekolah Minggu. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu Ph.D Kata Kunci pengembangan karakter video pembelajaran animasi sekolah minggu Penggunaaan video sebagai media pembelajaran telah dipercayai dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar serta pemahaman konsep materi yang diajarkan dalam proses pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal. Salah satu pendidikan non-formal yang turut memberikan kontribusi bagi pendidikan anak adalah lembaga gereja. Gereja Protestan Maluku sebagai salah satu lembaga gereja turut menyelenggarakan program pendidikan yang bertujuan bukan saja meningkatkan pemahaman anak terhadap pengetahuan alkitab tapi juga menekankan kepada pembentukan karakater anak. Program pembelajaran GPM khususnya untuk anak dan remaja dituangkan dalam program wajib sekolah minggu dan tunas pekabaran injil. Tidak dapat dipungkuri kalau GPM juga berhadapan dengan masalah pembelajaran anak dan remaja. Program pembelajaran dilakukan berdasarkan jenjang umur anak-anak GPM yang dimulai dari usia 2 tahun sampai dengan usia 15 tahun. Permasalahan pembelajaran yang dihadapi mulai dari tenaga pengajar materi ajar media pembelajaran sampai pada sarana penunjang pembelajaran yang masih sangat terbatas. Temuan penelitian awal menunjukkan bahwa para guru sekolah minggu masih terbatas dalam mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran yang berdampak pada tidak bervariasinya startegi pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Hal ini mengakibatkan anak kurang memahami konsep pembinaan karakter yang diajarkan melalui tokoh alkitab. Berdasarkan temuan penelitian awal maka penelitian pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan video pembelajaran karakter berbasis animasi frame bagi anak sekolah minggu GPM. Penelitian pengembangan dengan menggunakan model ASSURE dilakukan dengan berfokus pada pengembangan video pembelajaran untuk anak usia 9 tahun (Anak kecil 3) dengan pemilihan topik berfokus kepada karakter mengampuni mempersatukan dan bersaksi. Penelitian ini dilakukan pada 2 jemaat di Kota Ambon yakni jemaat GPM bethania dan jemaat GPM Bethabara. Hasil uji validasi dari ahli materi ahli media ahli desain diperoleh hasil yaitu video pembelajaran ini sangat baik dan sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah minggu. Berdasarkan hasil pengisian angket dan wawancara dengan anak terhadap video pembelajaran ini bahwa video pembelajaran ini sangat membantu anak-anak sekolah minggu dalam memahami materi yang diajarkan khususnya materi karakter mengampuni mempersatukan dan bersaksi serta membantu guru sekolah minngu dalam menyampaikan materi ajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan menantang dan memotivasi. ABSTARCT Luhulima Denissa. 2017. Developing Character Instructional Video Based On Animation Frame for Sunday School Children. Thesis. Instructional Technology Postgraduate Study Program Universitas Negeri Malang. Adviser (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu Ph.D Key Words developing instructional video animation. sunday school The use of video is believed can develop learning interest and motivation as well as comprehending teaching materials in education process both in informal and non-formal education. One of the non-formal education which is also contributed in educating children is church institute. Mollucas Protestant Church (GPM) as one as church institute also implement education program in which it is aimed not only to improve children understanding of Bible materials but also it is focused on children character building. Instructional program of GPM particularly for children and teenagers is formed into regular Sunday school program. It can t be denied that GPM also facing with teaching and learning problems for children and teenagers. The instructional program is conducted based on the level of children age and it is started from 2 years old to 15 years old. The problems of teaching and learning process covering teachers teaching materials teaching media and also supported teaching and learning facilities. The finding from the preliminary study showed that the teachers were the lack in developing teaching materials and teaching media and as result the teaching strategies and media were not varied. As a result the children also lack understanding about the concept of character building that has been taught through the Bible. From this findings the research development was conducted with the purpose to developing character instructional video based on animation frame for the children of GPM. Development research with ASSURE as the model of development was used to conduct the study which was focuses on developing instructional video for children age 9 ( the small children level 3) with the selective topics refered to forgiveness unity and testify characters. The study was done in two community at Ambon city namely community of GPM Bethania and community of Bethabara. The result of validation form validator (material media and design instructional) showed that the developming instructional video was very good and very applicable to be used as teaching media in Sunday school GPM. From the questionnaire and interview the results shown tha the developing instructional video was appropriate to be used to help the children understand the teaching materials particulary in forgiveness unity and testify characters as well as to help the teachers to delivering those materials and create enjoyable challaenging and motivating classroom athmosphere.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57260

Actions (login required)

View Item View Item