Pengaruh strategi pembelajaran menulis terbimbing dan strategi pembelajaran langsung serta self regulated learning terhadap hasil belajar siswa / Yevina Maha Reni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran menulis terbimbing dan strategi pembelajaran langsung serta self regulated learning terhadap hasil belajar siswa / Yevina Maha Reni

Reni, Yevina Maha (2017) Pengaruh strategi pembelajaran menulis terbimbing dan strategi pembelajaran langsung serta self regulated learning terhadap hasil belajar siswa / Yevina Maha Reni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Reni Y.M. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Menulis Terbimbing dan Strategi Pembelajaran Langsung Serta Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Dr. Sihkabuden M.Pd Kata Kunci Pengaruh Strategi Pembelajaran Menulis Terbimbing Strategi Pembelajaran Langsung Self Regulated Learning Hasil Belajar. Strategi pembelajaran mencakup penggunakan pendekatan metode dan teknik bentuk media sumber belajar pengelompokan peserta didik untuk mewujudkan interaksi edukasi antara pendidik dan peserta didik antar peserta didik dan antar peserta didik dengan lingkungan serta upaya pengukuhan terhadap proses hasil dan dampak kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) pembuktian ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara strategi menulis terbimbing (SMT) yang dianggap unggul dibandingkan dengan strategi pembelajaran langsung (SPL) (2) dijadikan landasan berfikir dalam pengembangan penelitian khususnya dalam menggunakan strategi pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi (3) menjadi bahan pertimbangan dalam menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian eksperimen the pretest-posttest control group design (Emzir 2008 98). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah ahli materi (pembelajaran Bahasa Indonesia) ahli materi (self regulated learning) dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyusun kuisioner SRL dan menyusun tes hasil belajar sebagai alat uji coba. Analisis dilakukan pada data hasil belajar siswa dengan menggunakan anava 2x2 dengan taraf sig. 5% / 0 05 selain itu uji t dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan tingkat SRL yang berbeda sehingga dapat mengetahui kelompok yang terunggul. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji anava pada lajur SM diperoleh F hitung sebesar 90 033 dengan nilai sig sebesar 0 000. Ternyata nilai sig yang diperoleh lebih kecil dari 0 05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi yang diajar dengan menggunakan strategi menulis terbimbing (SMT) dengan pebelajar yang diajar dengan strategi pembelajaran langsung (SPL) (2) hasil uji anava pada lajur SRL diperoleh F hitung sebesar 0 014 dengan nilai sig sebesar 0 908. Nilai sig yang diperoleh lebih besar dari 0 05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi yang ditunjukkan kelompok subjek yang memiliki self regulated learning (SRL) tinggi dengan kelompok subjek yang memiliki self regulated learning (SRL) rendah (3) hasil uji anava pada lajur SM SRL diperoleh F hitung sebesar 7 752 dengan nilai sig sebesar 0 008. Nilai sig yang diperoleh lebih kecil dari 0 05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada interaksi antara penggunaan strategi menulis terbimbing (SMT) dan strategi pembelajaran langsung (SPL) dengan self regulated learning (SRL) pebelajar terhadap hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut (1) ada perbedaan hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi yang diajar dengan menggunakan strategi menulis terbimbing (SMT) dengan pebelajar yang diajar dengan strategi pembelajaran langsung (SPL) (2) tidak ada perbedaan hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi yang ditunjukkan kelompok subjek yang memiliki self regulated learning (SRL) tinggi dengan kelompok subjek yang memiliki self regulated learning (SRL) rendah (3) ada interaksi antara penggunaan strategi menulis terbimbing (SMT) dan strategi pembelajaran langsung (SPL) dengan self regulated learning (SRL) pebelajar terhadap hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi. Saran peneliti (1) kepada guru agar memilih strategi menulis terbimbing dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi (2) kepada sekolah agar memperhatikan nilai SRL agar dapat memilih siswa siswa dengan SRL tinggi yang kemudian diberikan pelatihan khusus guna keperluan perlombaan khususnya yang berkaitan dengan keterampilan menulis yang ajar dengan menggunakan strategi menulis terbimbing (3) kepada siswa agar lebih memperhatikan ketika guru menyampaikan isi pembelajaran dan agar siswa lebih serius serta antusias dalam melatih kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Selain itu siswa diharapkan lebih analitis dalam menyunting hasil menulis teks laporan hasil observasi dengan mempertimbangkan rubrik rubrik penilaian dalam menulis teks laporan hasil observasi. ABSTRACT Reni Y.M. 2017. The Effect of Guided Writing Strategy and Direct Strategy and Self Regulated Learning Towards Students Learning Outcome. Thesis Instructional Technology Program Post Graduate of State University of Malang. Advisors (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Dr. Sihkabuden M.Pd Keywords Effect Guided Writing Strategy Direct Strategy Self Regulated Learning Learning Outcome. Instructional strategy including the use of approach method technique media learning resources and student grouping in order to make educative interaction among teacher and student student and student and student and environment. Also the effort to strenghthen the learning process and effect of learning activities. The purposes of this research are (1) to verify the differences of learning outcome between written-guided strategy and direct learning strategy (2) as theoritical framework of next research especially in writing observation report (3) as a consideration for choosing a better strategy in writing observation report. This research is using experimental research design the pretest-posttest control group design (Emzir 2008 98). Subject of the research are (1) subject expert (2) strategy expert and (3) students. Data collecting procedure is done by the questionnaire and arrange the learning outcomes test as the try out devices. The analysis is done on student learning result data using 2x2 anava with sig level. 5% / 0.05 besides t-test is done to know the difference between experiment group and control group with different level so that can know the best group. The result of the hyphoteses test shows that (1) ANAVA test in SM line shows that F score is 90.033 and the significance is 0.000. It means the significance score is lower than 0.05. So the null hypothesis is rejected and research hypothesis is accepted. In the other words there is no any difference of learning outcomes between writing observation report which taught by using guided writing strategy (GWS) and direct strategy (DS) (2) ANAVA test in SRL line shows that F score 0.014 and the significance score is 0.908. it means the significance score is higher than 0.05. So null hypothesis is accepted and research hypothesis is rejected. In the other hand there is no any difference of learning outcomes of writing observation report between group with high self regulated learning and group with low self regulated learning (3) ANAVA test in SM SRL line show that F score is 7.752 and the significance is 0.008. it means the significance is lower than 0.05. So null hyphotesis is rejected and research hypothesis is accepted. In the other words it can be summarize that there is an interaction between the use of guided writing strategy (GWS) and direct strategy (DS) and self regulated learning (SRL) students towards learning oucomes of writing observation report. The summary of this research are (1) there is a difference of learning outcomes of writing observation report between students which taught by using guided writing strategy and direct strategy (2) there is no any difference of learning outcomes of writing observation report between group with higher self regulated learning and lower self regulated learning (3) there is interaction among guided writing strategy and direct strategy and self regulated learning towards learning outcome of writing observation report. Suggestions (1) it is better for the teacher to use guided writing strategy in teaching writing observation report (2) it is better fot the head master of school to consider the self regulated learning score among students in order to give special treatment for special learning intention (3) it is better for the students to keep attention to the teacher in teaching and learning process and be more enthusiastic and serious in learning. Also keep practicing the editing and writing skill of observation report.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57259

Actions (login required)

View Item View Item