AsÔÇÖat, Muhammad (2017) Pengembangan desain pembelajaran bahasa Inggris berbasis Social Learning Network (SLN) menggunakan strategi auction (Interested-Based Negotiation) / Muhammad AsÔÇÖat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK As at Muhammad. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Social Learning Network (SLN) Menggunakan Strategi Auction (Interested-Based Negotiation). Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Saida Ulfa M.Edu Ph.D. Kata Kunci social learning network edmodo auction KIBI Pada pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Perfect Tense siswa Kursus Intensif Bahasa Inggris (KIBI) TNI AU Sekolah Bahasa Abd Saleh Malang yang biasa diterapkan adalah menggunakan metode ceramah penggunaan buku pelajaran dan lebih cenderung student centre. Penggunaan pola pembelajaran satu arah memiliki keterbatasan yakni tidak semua belajar mampu memahami materi yang diberikan ditambah alokasi waktu yang terbatas karena pembahasan materi Perfect Tenses memerlukaan waktu yang tidak sedikit. Diperlukan suplemen pembelajaran guna untuk melengkapi kelemahan pola pembelajaran tersebut. Salah satu upaya adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis social learning network (SLN) platform Edmodo menggunakan strategi Auction (interested-based negotiation). Tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan sebuah produk rancangan pembelajaran bahasa Inggris berbasis social learning network (SLN) menggunakan strategi Auction guna membangun pengetahuan bersama antara siswa dengan siswa dan siswa dengan instruktur. Siswa juga mempunyai kesempatan belajar kapan saja dan dimana saja. Selain itu tujuan pengembangan adalah untuk melihat kelayakan dari produk tersebut. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lee Owen. M (2004). Konsep yang dipakai dalam model ini adalah congruence /keharmonisan dimana urutan dalam setiap langkahnya tidak disusun secara linier tetapi secara melingkar dan proses setiap tahapanya mengalir ke tahapan berikutnya dan tahapan terakhir menggambarkan tahapan yang awal. Langkah-langkah tahap tahap pengembangan antara lain 1) Tahap Analisis 2) Tahap Desain 3) Tahap Pengembangan dan Penggunaan 4) Tahap Evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa siswa KIBI TNI AU angkatan ke-62 2017 Sekolah Bahasa Abd saleh Malang. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan desain bahasa Inggris berbasis social learning network (SLN) menggunakan strategi Auction (interested-based negotiation) memenuhi kriteria valid yakni ahli materi 77% ahli desain 93% ahli media 98 7% dan uji coba kelompok besar 89 8%. Salah satu kelebihan rancangan pembelajaran ini adalah sebagai alternatif pencapaian tujuan pembelajaran bagi instruktur dan siswa sehingga mampu menyediakan kebutuhan individu untuk belajar setiap saat. Dan kelemahan produk ini belum adanya fasilitas chat orang tua dan siswa dan juga membutuhkan waktu yang lama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57257 |
Actions (login required)
View Item |