Pengembangan paket bahan bimbingan karir melalui layanan bimbingan klasikal untuk peserta didik SMAK COR Jesu Malang / Ariantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bahan bimbingan karir melalui layanan bimbingan klasikal untuk peserta didik SMAK COR Jesu Malang / Ariantini

Ariantini (2017) Pengembangan paket bahan bimbingan karir melalui layanan bimbingan klasikal untuk peserta didik SMAK COR Jesu Malang / Ariantini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariantini. 2017. Pengembangan Paket Bahan Bimbingan Karir Melalui Layanan Bimbingan Klasikal untuk Peserta Didik SMAK Cor Jesu Malang. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Dr. Sulton M.Pd. Kata Kunci paket bahan bimbingan bimbingan karir layanan bimbingan klasikal Pilihan karir menjadi sangat penting pada saat SMA karena akan mempengaruhi program studi apa yang harus diambil jika ingin kuliah di perguruan tinggi dan akan terus menjadi penting di perguruan tinggi karena sebagai persiapan masuk ke dunia karir sebenarnya. Penyebab kurangnya pemahaman diri karir dan pengetahuan tentang dunia kerja terjadi karena informasi layanan karir tidak dilengkapi dengan buku yang bisa dijadikan pedoman atau bacaan peserta didik. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menyediakan paket bahan bimbingan karir yang sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup bimbingan karir dan disusun dengan urutan yang memungkinkan peserta didik mampu mencapai kompetensi karir. Tujuan peneitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan bimbingan buku siswa dan buku guru yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan bimbingan karir yang mampu memberikan informasi tentang pemahaman diri program studi lanjutan karir dan dunia kerja serta mampu menuntun peserta didik untuk menemukan informasi melalui tugas-tugas dan rekfleksi yang diberikan sehingga dapat memilih karir yang tepat. Penelitian pengembangan ini dirancang menggunakan model Dick and Carey. Model Dick and Carey yang digunakan hanya 8 langkah dari 10 langkah yang ada. Peneliti tidak melakukan langkah ke-5 yaitu mengembangkan instrumen penilaian dan langkah terakhir yaitu melaksanakan evaluasi sumatif. Pada tahap evaluasi formatif akan dilakukan validasi dari ahli materi ahli desain dan ahli media lalu dilanjutkan uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Penelitian ini dilakukan di SMAK Cor Jesu Malang dengan total subjek penelitian 67 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan angket. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil validasi dan uji coba produk pengembangan didapat data sebagai berikut validasi ahli materi (panduan materi 75% panduan guru 75% panduan siswa 75%) validasi ahli media (panduan materi 96 1% panduan guru 100% panduan siswa 100%) validasi ahli desain (panduan materi 96 2% panduan guru 97 36% panduan siswa 98 68%) uji coba perorangan (panduan materi 79 38% panduan siswa 79 44%) uji coba kelompok kecil (panduan materi 82 81% panduan siswa 80 55%) uji coba kelompok besar (panduan materi 86 63% panduan siswa 84 96%) dan guru (panduan materi 89 16% panduan guru 92 18%). Hasil akhir analisis data tersebut dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan dan diperoleh bahwa bahan bimbingan karir melalui layanan bimbingan klasikal yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid sangat efektif sangat tuntas dan dapat digunakan tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57255

Actions (login required)

View Item View Item