Pengembangan sistem pembelajaran berbasis Flipped Classroom dengan media LSN pada mata pelajaran biologi kelas xi di SMA Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri / Fatra Hadi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem pembelajaran berbasis Flipped Classroom dengan media LSN pada mata pelajaran biologi kelas xi di SMA Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri / Fatra Hadi Kurniawan

Kurniawan, Fatra Hadi (2017) Pengembangan sistem pembelajaran berbasis Flipped Classroom dengan media LSN pada mata pelajaran biologi kelas xi di SMA Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri / Fatra Hadi Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan F.H. 2017. Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom dengan Media LSN pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. (II) Saida Ulfa M.Edu Ph.D Kata Kunci Pengembangan sistem pembelajaran flipped classroom berbantuan web LSN Learning Social Network Biologi Sistem merupakan komponen-komponen yang saling berkaitan dan dihubungkan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Pengembangan sistem pembelajaran dengan media LSN dilaksanakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan pebelajar semakin termotivasi dalam belajar. Dengan pengembangan sistem pembelajaran media LSN dengan berbasis flipped classroom diharapkan pebelajar akan mampu mengembangkan pembelajarannya agar lebih terarah. Pada pembelajaran Biologi dalam proses penguasaan konsep harus dilengkapi dengan penjelasan dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk membantu dalam peningkatan proses pembelajaran bahan ajar dan strategi yang kurang ideal belum dapat mengakomodir waktu pebelajar dan belum terpenuhi dalam proses tatap muka pemberian materi diberikan melalui teknologi berbantuan web menggunakan edmodo. Dengan tugas yang akan dikerjakan di Sekolah jadi pembelajaran lebih efektif serta efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran berbasis flipped classroom dengan media LSN sebagai media pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri serta mengetahui hasil belaar siswa setelah diterapkannya pengembangan sistem pembelajaran berbasis flipped classroom dengan media web. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ASSURE. Pada model pengembangan ASSURE ada enam tahapan yaitu analyze learner state objective select method utilize media and material require learner participation Evaluation. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media ahli materi dan ahli desain pembelajaran diperoleh data yang valid sehingga sistem yang dikembangkan dapat dilaksanakan atau diimplementasikan pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Sedangkan hasil uji coba kelas juga diperoleh data yang valid dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran berbasis flipped classroom dengan media LSN valid dan layak digunakan pada pembelajaran Biologi di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57253

Actions (login required)

View Item View Item