Pengembangan mobile learning mata pelajaran biologi berbasis Science Technology and Society (STS) untuk kelas X SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek / Rinasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning mata pelajaran biologi berbasis Science Technology and Society (STS) untuk kelas X SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek / Rinasih

Rinasih (2017) Pengembangan mobile learning mata pelajaran biologi berbasis Science Technology and Society (STS) untuk kelas X SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek / Rinasih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rinasih. 2017. Pengembangan Mobile Learning Mata Pelajaran Biologi berbasis Science Technology and Society (STS) untuk Kelas X SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Saida Ulfa S.T M.Edu Ph.D (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci mobile learning STS biologi Pembelajaran biologi merupakan pembelajaran dengan muatan pengetahuan ilmiah keterampilan proses sains dan karakteristik nilai ilmiah. Berdasarkan studi pendahuluan di SMAN 1 Kampak belum menunjukkan adanya ketercapaian kompetensi dari pembelajaran biologi secara komprehensif tercermin dari biologi yang diajarkan sebatas pengetahuan saja. Salah satu model pembelajaran yang berpotensi memberdayakan keterampilan proses sains adalah adalah model Science Technology and Society (STS). Di sisi lain tidak semua siswa memiliki media sebagai penunjang pembelajaran mandiri. Karakteristik media yang dapat digunakan sebagai media belajar mandiri tanpa menghilangkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran adalah mobile learning dengan menggunakan model STS. Tujuan pengembangan yaitu menghasilkan produk mobile learning mata pelajaran biologi berbasis STS yang valid dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran. Metode pengembangan ini menggunakan model ASSURE kaena berorientasi terhadap pemecahan masalah di dalam kelas. Tahapan model ASSURE meliputi analyze learner state objectives select methods media and materials utilize media and materials require learner participation evaluate and revise. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kampak. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian mobile learning mata pelajaran biologi berbasis STS dinyatakan valid dengan hasil persentase dari perhitungan ahli materi sebesar 83 93% ahli media sebesar 97 05% uji coba perorangan sebesar 82 78% uji coba kelompok kecil sebesar 82 22% dan uji coba lapangan sebesar 86 19%. Skor tes hasil belajar menunjukkan jumlah siswa yang memenuhi KKM minimal 75 diperoleh persentase sebesar 90 32% setelah menggunakan mobile learning mata pelajaran biologi berbasis STS. Dari segi keefektifan produk ini berada dikategori efektif untuk digunakan. Dilihat dari ketercapaian lima domain STS sebagian besar siswa telah mencapai domain STS dengan perolehan persentase sebesar 92 41%. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah memperdalam cakupan materi identifikasi kesesuaian materi dengan media identifikasi kebutuhan serta karakteristik siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran lebih maksimal. Bagi guru kompetensi dan pemahaman guru merupakan faktor kunci keberhasilan STS. Guru harus paham betul model STS baik sebelum maupun selama pembelajaran. Untuk pembelajaran STS sebaiknya dirancang dengan durasi waktu yang lama agar dapat diobservasi sampai tahap aplikasi. ABSTRACT Rinasih. 2017. The Development of Mobile Learning on Biology Science Technology and Society (STS)-based for Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek. Thesis. Instructional Technology Program Postgraduate State University of Malang. Advisors (1) Saida Ulfa S.T M.Edu Ph.D (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Keywords mobile learning STS biology Learning biology is scientific study skill of science process and characteristic of scientific values. Based on previous study in SMAN 1 Kampak there has not been competence achievement on learning biology comprehensively by looking at on how biology is taught just as knowledge. One of potential learning models to empower skill of science process is STS model science technology and society. On the other hand not all students have media to support self-learning. Characteristic of media which can be as self-learning media without losing skill of science process in learning process is STS mobile learning. This development aims to produce biology mobile learning product STS-based on which are valid and effective as learning source in learning process. The development method uses ASSURE model because it is oriented to solve problem in a class. ASSURE model stages are analyze learner state objectives select methods media and materials utilize media and materials require learner participation evaluate and revise. The subject of this study is tenth grade student of SMAN 1 Kampak. Types of data used are quantitative and qualitative data. The result of validity test by material expert showed that mobile learning on biology STS-based is valid with percentage of 83 93% validation by media expert is 97 05% individual test is 82 78% small group test is 82 22% and field test is 86 19%. After using mobile learning in learning biology STS-based students achieving minimum KKM 75 is 90 32%. Based on effective perspective this product is in effectively used category. Based on achievement of STS five domains most of the students have achieved STS domain with percentage 92 41%. For further product development the developer should include the detail materials identify the suitability between material and media and the needs and characteristic of the students in order to achieve the learning target maximally. To the teachers they should understand and have a good competency before and during learning process. Learning by using STS model take a lot of time in order that it can be observed until application stage.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57251

Actions (login required)

View Item View Item