Pengembangan bahan ajar kimia berbasis keterampilan berpikir kritis di SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton / Hendra Nelva Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia berbasis keterampilan berpikir kritis di SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton / Hendra Nelva Saputra

Saputra, Hendra Nelva (2017) Pengembangan bahan ajar kimia berbasis keterampilan berpikir kritis di SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton / Hendra Nelva Saputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Saputra Hendra Nelva. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton. Tesis. Prodi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (2) Saida Ulfa M.Edu. Ph.D Kata Kunci Pengembangan bahan ajar keterampilan berpikir kritis siklus belajar hipotetikal deduktif setting 7E Pengembangan bahan ajar ini memberikan solusi terfasilitasinya keterampilan berpikir kritis pebelajar melalui pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang layak untuk memfasilitasi keterampilan berpikir kritis pebelajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Dick Carey dan Carey (2009). Sumber data penelitian ini berasal dari ahli media pembelajaran ahli desain pembelajaran ahli materi pembelajaran 3 orang pebelajar pada uji coba perorangan 9 orang pebelajar pada uji coba kelompok kecil 48 orang pebelajar pada uji lapangan dan 1 orang tanggapan guru mata pelajaran kimia. Instrumen penelitian menggunakan angket tanggapan dari para ahli guru dan pebelajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan untuk data hasil angket dan saran dari para ahli guru dan pebelajar sedangkan analisis deskriptif kuantitatif dilakukan untuk data hasil angket penilaian kelayakan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari tanggapan ahli media pembelajaran ahli desain pembelajaran ahli materi pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia dengan capaian rata-rata skor persentase sebesar 88 67% untuk bahan ajar 91 61% untuk panduan guru dan 89 85% untuk panduan siswa. Produk pengembangan bahan ajar kimia ini juga layak untuk memfasilitasi keterampilan berpikir kritis pebelajar dalam proses pembelajaran. Hasil angket penilaian semua subjek uji terhadap indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan capaian rata-rata skor persentase sebesar 89 6%. Saputra Hendra Nelva. 2017. The Development of Critical Thinking Skills-Based Instructional Material for Chemistry in SMAN 1 Pasarwajo Buton. Thesis. Studies of Instructional Technology Department Postgraduate of State University of Malang. Advisors (1) Prof. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (2) Saida Ulfa M.Edu. Ph.D. Keywords Development of Instructional Material Critical Thinking Skills Hypothethical Deductive Learning Cycle Setting E7. The development of instructional materials offers a solution that facilitated by the learner critical thinking skills through the study of chemistry. The purpose of the research is to produce a decent instructional materials needed to facilitate critical thinking skills learner. The type of this research is developmental research that uses the model of development Dick Carey and Carey (2009). The data sources of this study come from experts on learning media experts on instructional design experts on learning materials 3 people learner trials of individuals 9 people learner trials with small groups 48 people learner in the test field and 1 non-chemical subjects teacher response. An instrument of this research using question s responses from experts teachers and learners. Analytical techniques descriptive data of this research is carried out qualitative and quantitative descriptions. A descriptive analysis of the data conducted for the qualitative results of the now and advice of experts teachers and learners whereas quantitative analysis of the data conducted for the results of the feasibility assessment question form of chemical materials that have been developed. Product development is generated in the form of materials teacher s guide and students guide. Based on the results of the analysis of the data obtained from responses to experts on learning media experts on instructional design experts on learning materials trials of individuals small groups testing and trials showed that the learning materials developed deserved to be developed in the learning process with the chemical product the average percentage score of 88.67% for instructional materials 91.61% for teacher s guide and students guide to 88 85%. Product development of materials chemistry is also feasible to facilitate critical thinking skills of the learners in the learning process. The result of the appraisal question forms all subject tests against indicator critical thinking skills shows there is achieved the average percentage score of 89 6%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57249

Actions (login required)

View Item View Item