Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa melayu siswa tingkat Matthayom 2 (kelas 8 SMP) Patthanasaswitthaya School Thailand / Danai Sopalang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa melayu siswa tingkat Matthayom 2 (kelas 8 SMP) Patthanasaswitthaya School Thailand / Danai Sopalang

Sopalang, Danai (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa melayu siswa tingkat Matthayom 2 (kelas 8 SMP) Patthanasaswitthaya School Thailand / Danai Sopalang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sopalang Danai. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas danHasilBelajar Bahasa Melayu SiswaTingkat Matthayom 2 (Kelas 8 SMP) Patthanasaswitthaya School Thailand. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran kooperatif jigsaw aktivitas belajar hasil belajar mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Melayu siswa tingkat Matthayom 2 (Kelas 8 SMP) Patthanasaswitthaya School Thailand dimana hasil belajar dan aktivitas siswa sangat rendah. Fakta tersebut dilihat dari rendahnya hasil ujian akhir semester yang menunjukkan bahwa sebanyak 15 dari 21 orang siswa yang mendapat nilai dibawah standar minimal beserta dengan hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif dalam belajar. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran terlihat berpusat pada guru sedangkan strategi pembelajaran yang digunakan berupa metode konvensional ceramah dan penugasan dimana siswa kurang antusias dalam belajar. Untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuanmind mapping untuk meningkatkan aktivitasdanhasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat peningkatan aktivitasdanhasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Melayu setelah dilaksanakan strategi pembelajaran ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi dengan peneliti sebagai observer berkolaborasi dengan guru kelas dan satu lagi observer sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi aktivitas pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan sudah layak dan sesuai untuk dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Proses analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa mencapai sebesar 81 67% pada siklus I dan meningkat menjadi 88 34% pada siklus II. Sedangkanpersentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal hasilbelajar mengalami peningkatan yaitu dari 15% pada tahap pratindakan meningkat menjadi 38 10% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85 71% pada siklus II. Peningkatan prestasi dan kualitas pembelajaran tersebut dikarenakan siswa sudah terlibat dalam proses pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuanmind mapping dan dapat dikatakan model pembelajaran ini sudah dapat meningkatkan aktivitasdanhasilbelajarsiswa. Berdasarkan hasil penelitian disaran kepada guru mata pelajaran Bahasa Melayu untuk menjadikan strategi pembelajaran ini sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57246

Actions (login required)

View Item View Item