Pengembangan panduan cooperative learning berbasis video untuk tenaga pengajar sekolah dasar / Yudho Setyo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan cooperative learning berbasis video untuk tenaga pengajar sekolah dasar / Yudho Setyo Nugroho

Nugroho, Yudho Setyo (2016) Pengembangan panduan cooperative learning berbasis video untuk tenaga pengajar sekolah dasar / Yudho Setyo Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Yudho Setyo. 2016. Pengembangan Panduan Cooperative Learning Berbasis Video Untuk Tenaga Pengajar Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Video Cooperative Learning. Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Terutama dalam membantu guru untuk menerapkan suatu model pembelajaran. Media yang akan digunakan oleh guru dalam menerapkan suatu model pembelajaran adalah media berupa video pembelajaran cooperative learning. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas IV V VI di SDN 1 Padangan Tulungagung SDN 2 Padangan Tulungagung dan SDN 3 Padangan Tulungagung. Kurangnya pemahaman guru tentang berbagai tipe model cooperative learning menjadi salah satu sebabnya. Sehingga dalam proses kegiatan pembelajaran guru pada umumnya menggunakan metode ceramah. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan cooperative learning berbasis video berisi tipe number head together think pair share think talk write dan two stay two stray untuk tenaga pengajar sekolah dasar yang dapat dioperasikan dengan menggunakan komputer atau laptop dan mengetahui tingkat validitas serta tingkat keefektifan dari media yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Adapun tahapan-tahapan tersebut yaitu (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Pengembangan materi (4) Pengembangan alat evaluasi (5) Penyusunan naskah dan storyboard (6) Produksi (7) Validasi (8) Revisi (9) Media siap pakai. Hasil yang diperoleh dari rubrik penilaian penerapan model cooperative learning tipe number heads together memperoleh presentase 94% tipe think pair share memperoleh presentase 96% tipe think talk write memperoleh presentase 95% tipe two stay two stray memperoleh presentase 95% dari keempat model pembelajaran dapat dikatakan bahwa tenaga pengajar mampu melaksanakan. Sedangkan hasil yang diperoleh dari seluruh siswa yang memenuhi KKM untuk model number head together diperoleh presentase 72% sedangkan untuk model think pair share diperoleh presentase 83% untuk model think talk write diperoleh presentase 86% dan untuk model two stay two stray diperoleh presentase 83% sehingga dari keempat model cooperative learning yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57241

Actions (login required)

View Item View Item