Pengembangan e-module berbasis proiblem based learning mata pelajaran kimia untuk siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Arvi Sekar Farenta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis proiblem based learning mata pelajaran kimia untuk siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Arvi Sekar Farenta

Farenta, Arvi Sekar (2016) Pengembangan e-module berbasis proiblem based learning mata pelajaran kimia untuk siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Arvi Sekar Farenta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farenta ArviSekar. 2016. Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimiauntuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed Kata kunci Pengembangan E-module Kimia PBL Kimia merupakanmatapelajaran yang dapatdisampaikansecara multi representasi.Munculnya media pembelajaranberbasiskomputer yang menyediakanbermacam-macampengalamanbelajarkarenadapatmenyampaikanmaterisecara multi representasimelaluiberbagai media bentuk digital menjadipilihanmenarikuntukdigunakandalampembelajaran.Namun pemilihan media pembelajaranharusdisesuaikandengansumberdayadankebutuhanpembelajaran yang ada. Berdasarkanhasilobservasi pembelajarankimia di SMA Negeri 8 Malang menunjukkanhasil yang kurangmemuaskan.SMA Negeri 8 Malang yang menggunakansistemkredit semester menuntutsiswauntukbelajarmaterikimialebihcepat karena dalam dua semester siswa menempuh lebih banyak materi daripada materi seharusnya dalam kurikulum 2013.Kenyataaniniberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa yang rendah siswakurangtertarik dankesadaran siswa untuk mempelajari materi terlebih dahulu sebelum guru menginstruksikan tergolong lemah.Hal inidisebabkankarenamedia pembelajaran yang digunakan berupa buku paket kurikulum 2013 LKS handout yang disiapkan oleh gurudan disajikan terpisah sertatidak sistematis. Kelemahan dari media pembelajaran yang ada ini yakni belum menampilkan gambar yang informatif belum mendeskripsikan struktur isi KIKD dan belum memvisualkan materi sehingga menyebabkan siswa dihadapkan pada dunia khayalan tentang kimia. Pengembanganinibertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid sehingga dapat mengefektifkan pembelajaran kimiauntuk siswa kelas XSMA Negeri 8 Malang.Model pengembangan yang digunakan dalam ini adalah model Lee Owens (2004). Secara prosedural langkah-langkah model Lee Owens yakni (1)assessment/ analysis (2)design (3)development (4)implementationdan(5)evaluation. Hasil pengembangan e-module mata pelajaran kimiauntuk siswa kelas XSMA Negeri 8 Malang berdasarkan hasil validasi yakni ahli materi 91 45% ahli media 98% uji coba siswa perseorangan 84% uji coba kelompok kecil 85% dan uji coba lapangan 86 87%.Dari tes hasil belajar pada post test presentase siswa yang memenuhi KKM 95%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-modulematapelajarankimia SMA Negeri 8 Malang valid dan layaksertaefektif digunakan dalam proses pembelajaran. Bagi pengembang berikutnya disarankan untuk lebih memperkaya referensi untuk materi di dalam e-module dan mengeksplor dari segi produksi media yakni variasi tampilan gambar serta video dibuat lebih bagus sehingga menarik perhatian siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57238

Actions (login required)

View Item View Item