Mahuze, Paustina Ngali (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar pada mata pelajaran agama Katolik di SD YPPK Santo Tarsisius Biankuk Merauke-Papua / Paustina Ngali Mahuze. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahuze Paustina Ngali .2016. PengembanganBahan Ajar BerbasisStrategiSinektikBerbantuan MediaGambarpada Mata Pelajaran Agama Katolik di SD YPPK Santo Tarsisius Biankuk Merauke-Papua. Tesis. Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran Program StudiPascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I NyomanSudana Degeng M.Pd (II) Dr. AnselmusJE Toenlioe M.Pd Kata Kunci PengembanganBahan Ajar StrategiSinektikBerbantuanMedia Gambar Agama Katolik. Teknologipembelajaranmerupakansuatubidang yang mengkajitentangteoridanpraktekdalamdesainpengembangan pemanfaatan pengelolaan sertaevaluasi proses dansumberuntukbelajar. Desainpengembanganbahan ajar berbasisstrategisinektikberbantuan media gambarmemfasilitasidanmemecahkanpersoalanpembelajaranpesertadidik yang kurangefektifdalammempraktekkanpengetahuankeagamaanyadalamkehidupansehari-hari. Dalamdesainpengembangan bahan ajar memfasilitasidanmengelolahsertamembantupendidikdalammenyelesaikanpermasalahanberkaitandenganbelajar. Melaluiteknologipembelajarandiharapkandapatmemecahkan permasalahan yang melandaduniapendidikandalammisimembangunmanusia yang berbudayadanberkarakter. Dalam proses pembelajaran membutuhkan teknologi pembelajaran berupa strategi cara/teknik penyajian yang digunakan agar tercapai tujuan belajar. Strategi yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah straregi sinektik yang dalam analogi personalnya peserta didik mengumpamakan diri dengan orang lain yang diamati melalui gambar dan menyimak cerita sehingga mengarakan peserta didik berpikir kritis kreaktif ekspresi empati dan pandangan ke dalam relasi-relasi sosial. Media gambar dalam desain pengembangan bahan ajar berbasis strategi sinektik memperjelas pesan-pesan yang abstrak menarik perhatian dan motivasi serta menimbulkan gairah belajar memungkinkan peserta didik belajar mandiri memberikan rangsangan yang sama menyamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Media gambar memiliki peran dalam menyalurkan pesan dari Allah sehingga merangsang perhatian minat perasaan dan pikiran peserta didik dengan maksud menjadi semakin beriman kepada Tuhan dengan semikian membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan beraklak mulia serta peningkatan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik (2)menguji kelayakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar pada mata pelajaran agama katolik. Penelitian menggunakan rancangan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan model pengembangan Dick Carey sebagai landasan untuk menjawab tujuan di atas. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data melalui angket dan lembaran validasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi segi isi materi produk bahan ajar cukup valid/ layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai 70 5% buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak 77 5% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak membantu pendidik dalam mengelolah pembelajaran dengan nilai 89%. Hasil validasi ahli media dapat disimpulkan bahwa dari segi media pembelajaran produk bahan ajar sangat valid/ sangat layak digunakan dengan validitas nilai 98 5% buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak 98 5% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak dengan nilai 100%. Hasil validasi ahli desain menunjukkan bahwa dari segi desain produk bahan ajar cukup valid/ cukup layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai validitas 72% buku pegangan peserta didik cukup valid dan cukup layak 60% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak membantu pendidik dalam mengelolah pembelajaran dengan tingkat validitas 80%. Berdasarkan hasil uji coba guru bidang studi dan sangat layak nilai validitas 80% buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak dengan tingkat validitas 80% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak membantu pendidik dalam mengelolah pembelajaran dengan tingkat validitas 85%. Berdasarkan hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa produk buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak dengan tingkat validitas 92% uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak digunakan dengan tingkat validitas 95 3% dan hasil yang diperoleh dari uji lapangan menunjukkan bahwa produk buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak dengan tingkat validitas 98% dipergunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan perolehan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan produk bahan ajar yang didesain menggunakan strategi sinektik berbantuan gambar pada pembelajaran agama katolik ini mengalami peningkatan pada uji coba perorangan 16 25% uji coba kelompok kecil 12% dan uji coba lapangan meningkat sebesar 16 25% sehingga dapat dikatakan bahwa produk tersebut efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57234 |
Actions (login required)
View Item |