Pengembangan bahan ajar untuk menumbuhkan karakter kelemahlembutan pada anak sekolah minggu / Johana Manubey - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar untuk menumbuhkan karakter kelemahlembutan pada anak sekolah minggu / Johana Manubey

Manubey, Johana (2016) Pengembangan bahan ajar untuk menumbuhkan karakter kelemahlembutan pada anak sekolah minggu / Johana Manubey. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Manubey Johana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Karakter Kelemahlembutan di Sekolah Minggu. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci pengembangan kelemahlembutan bahan ajar sekolah minggu. Sekolah minggu merupakan bagian dari pendidikan non formal berdasarkan UU No 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan terkait dengan pendidikan keagamaan. Sekolah minggu dikhususkan bagi anak-anak berusia 2-17 tahun yang beragama Kristen. Alkitab merupakan satu-satunya dasar dan sumber utama dalam pengajarannya. Namun untuk menginterpretasikan Firman yang ada dalam Alkitab diperlukan bahan ajar sebagai sumber sekunder dan dalam pengembangannya sesuai dengan Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab. Bahan ajar yang dikembangkan oleh Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) saat ini belum secara khusus menuliskan tentang karakter kelemahlembutan. Karakter kelemahlembutan perlu diajarkan dikarenakan saat ini banyak sekali tindakan yang justru berlawanan dengan tindakan kelemahlembutan seperti kekerasan baik verbal nonverbal hingga bullying. Pengembangan bahan ajar kelemahlembutan dimaksudkan untuk dapat menolong pengajar mengajarkan karakter kelemahlembutan bagi anak sekolah minggu khususnya remaja yang berusia 12-17 di GMIT. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar cetak. Bahan ajar ini dikembangkan dengan menggunakan model Dick Carey (2009) dan menggunakan sembilan langkah pada model Dick Carey. Pengorganisasian isi paket pembelajaran menggunakan strategi cooperative learning reflective learning dan active inspiring learning.Paket pembelajaran yang dikembangkan untuk menumbuhkan kelemahlembutan terdiri dari dua bagian yakni bahan ajar dan panduan pengajar. Dalam penggunaanya bahan ajar ini dikhususkan untuk digunakan oleh pengajar sekolah minggu. Pengembangan paket pembelajaran ini diharapkan dapat menumbuhkan karakter kelemahlembutan. Hasil validasi dari ahli isi ahli media dan ahli desain diperoleh hasil sangat baik. Berdasarkan hasil uji lapangan terhadap bahan ajar kelemahlembutan bahwa bahan ajar dapat menumbuhkan karakter kelemahlembutan untuk anak sekolah minggu dan pengajar. Dari hasil pengisian angket dan wawancara dengan remaja diperoleh bahwa mereka dapat memahami merasakan dan mulai melakukan tindakan kelemahlembutan. Saran yang diajukan berkaitan dengan penggunaan dan pengembangan selanjutnya sebagai berikut (1) Sebelum menggunakan bahan ajar hendaknya pengajarmembaca dahulu panduan pengajar dan mempraktekkan tindakan kelemahlembutan (2) perlu dilakukan desain model pembelajaran yang dikhususkan untuk menumbuhkan karakter (3) bahan ajar ini dapat digunakan di desa dan perkotaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57231

Actions (login required)

View Item View Item