Pembelajaran bahasa kedua (Mandarin-HSK 3) berbasis mobile learning / Yang Nadia Miranti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa kedua (Mandarin-HSK 3) berbasis mobile learning / Yang Nadia Miranti

Miranti, Yang Nadia (2016) Pembelajaran bahasa kedua (Mandarin-HSK 3) berbasis mobile learning / Yang Nadia Miranti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Miranti Yang Nadia. 2015. Pembelajaran Bahasa Kedua (Mandarin-HSK 3)Berbasis Mobile Learning. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasajarna Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M. Ed M. Pd. Pembimbing (II) Saida Ulfa M.Ed. PhD. Kata Kunci Pengembangan Mutimedia Mobile Learning HSK 3 Saat ini bahasa Mandarin sudah menjadi bahasa internasional kedua setelah Bahasa Inggris. Perkembangan bahasa Mandarin yang sangat pesat menjadikan pemerintah Tiongkok membuat standar tes bagi penutur bahasa Mandarin yang bukan penutur asli tes ini dinamakan tes HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi). HSK adalah tes kemampuan bahasa Mandarin yang berstandar internasional yang terdiri dari level 1 sampai level 6 dan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Tiongkok.Perkembangan teknologi memainkan peran penting bagi siswa yang memiliki kekhususan. Siswa yang pendengaran atau penglihatannya memiliki kekurangan akan membutuhkan jenis bahan-bahan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengakomodir kebutuhan siswa serta mengukur efektivitas penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan multimedia pembelajaran. Jenis penelitian adalah pengembangan mutimedia pembelajaran dengan model Lee Owen. Subjek penelitian adalah siswa kelompok peminatan sastra mandarin fakultas ilmu budaya Universitas Brawijaya. Langkah-langkah prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi (1) Assessment/Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Jenis data yang dihasilkan berbentuk data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah berupa angket tertutup wawancara dan tes. Hasil pengembangan produk yaitu multimedia pembelajaran berbasis Mobile yang berisi materi Kosa Kata Hanyu Shuiping Kaoshilevel 3 (HSK 3). Media yang dikembangkan dirancang sebagai media pembelajaran offline dan untuk mendapatkan software multimedia pembelajaran ini dapat diunduh di Play Store. Hasil Validasi ahli materi dan ahli desain media menunjukkan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan siswa perorangan kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan kriteria sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57230

Actions (login required)

View Item View Item