Pengembangan bahan ajar agama Kristen kelompok umur remaja di Sekolah Minggu Gereja Kristus Tuhan Jemaat III Malang / Sony Julianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar agama Kristen kelompok umur remaja di Sekolah Minggu Gereja Kristus Tuhan Jemaat III Malang / Sony Julianto

Julianto, Sony (2016) Pengembangan bahan ajar agama Kristen kelompok umur remaja di Sekolah Minggu Gereja Kristus Tuhan Jemaat III Malang / Sony Julianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Julianto Sony.2015. Pengembangan Bahan Ajar Agama Kristen Kelompok Umur Remaja Di Sekolah Minggu Gereja Kristus Tuhan Jemaat III Malang. .Tesis PPSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan pembelajaran model Dick Carey Carey. Sekolah Minggu GKT III Malang adalah lemnbaga non-formal keagamaan yang mengajarkan Pendidikan Agama Kristen pada usia kelompok umur 2 tahun sampai 12 tahun. Lembaga keagamaan ini bertujuan dalam pengembangan dan pembelajaran nilai-nilai Kristiani kepada kelompok pembelajaran pedagogi (anak-anak) yang sangat mendasar dalam mengembangkan pemahaman pebelajar mengenai imannya. Berkenaan dengan nilai penting dari tujuan tersebut diperlukan adanya proses pembelajaran yang lebih baik. Salah satu cirri dari proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan pembelajaran yang lebih baik dan bermutu. Tesis ini memuat proses pengembangan bahan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Tahapan pengembangan dalam tesis ini menggunakan Dick Carey Carey. Pengembang memilih model ini karena Dick Carey Carey menawarkan desain yang utuh dan terstruktur dalam pengembahan bahan pembelajarannya. Rangkaian kegiatan yang dilakukan pengembang dalam mengembangkan Pendidikan Agama Kristen dengan topic Pertumbuhan Iman Kristen adalah 1). mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran 2). menanalisis pembelajaran 3). menganalisis pebelajar dan konteks 4). merumuskan tujuan pembelajaran khusus 5). mengembangkan instrument penilaian 6). mengembangkan strategi pembelajaran 7). mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran 8). mendesain dan melaksanakan penilaian formatif 9). merevisi produk pembelajaran. Selama proses pengembangan bahan pembelajaran ahli isi pelajaran PAK ahli media pembelajaran ahli desain pembelajaran pembelajar dan beberapa pebelajar memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Pengembangan bahan pembelajaran ini menghasilkan 1). bahan pembelajaran 2). panduan pembelajar dan 3). Panduan pebelajar. Kajian produk menunjukkan bahwa 1). Ahli isi PAK menyetujui substansi pelajaran yang disajikan dalam bahan pembelajaran 2). ahli media pembelajaran menyetujui yang ditampilkan dalam bahan pembelajaran 3). ahli desain pembelajaran menyetujui proses pembelajaran yang ditawarkan dalam bahan pembelajaran 4). Pembelajar memberikan opini yang positif dalam penggunaan bahan pembelajaran di kelas 5). Pebelajar memberikan respon yang antusias terhadap bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran yang dikembangkan oleh Sony Julianto ini dapat digunakan oleh pembelajar dan pebelajar di Sekolah Minggu GKT 3 Malang untuk kelompok umur Remaja 10-12 tahun. Bahan ini juga bisa digunakan oleh pihak-pihak yang berminat mengajarkan Pertumbuhan Iman Kristen dalam pembelajaran kelompok umur Remaja 10-12 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57228

Actions (login required)

View Item View Item