Penerapan pembelajaran problem solving pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan keterampilan berfikir dan aktivitas belajar siswa / Indria Kristiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem solving pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan keterampilan berfikir dan aktivitas belajar siswa / Indria Kristiawan

Kristiawan, Indria (2016) Penerapan pembelajaran problem solving pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan keterampilan berfikir dan aktivitas belajar siswa / Indria Kristiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristiawan Indria. 2015. Penerapan Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir dan Aktivitas Belajar Siswa. Tesis Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Anselmus.J. E Toenlioe M.Pd. (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci problem solving keterampilan berfikir aktivitas belajar Problem solving merupakan model pembelajaran dengan melatih siswa menghadapi masalah baik masalah pribadi ataupun masalah kelompok untuk dapat dipecahkan sendiri atau bersama-sama. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki kualitas belajar siswa dalam cara berfikir dan aktivitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berfikir dan aktifitas belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Jabung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi catatan lapangan lembar kerjasiswa lembar observasi kemampuan berfikir dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan paparan data prosentase kemampuan berfikir secara klasikal dari setiap pertemuan dapat dijabarkan bahwa siklus I pertemuan ke- 1 diperoleh 59% dan pertemuan ke- 2 diperoleh 68% terjadi peningkatan sebesar 9% dalam kemampuan berpikir siswa khususnya pada indikator penyajian masalah dan penyelesaian masalah. Siklus II secara keseluruhan kemampuan berfikir kritis dalam aspek pengkajian intepretasi penyelesaian dan pengambilan keputusan diperoleh 71 % meningkat 3% dari siklus I. Aktivitas siswa dalam pembelajara memnggunakan model problem solving dapat membuat siswa lebih aktif dan kritis dalam hal memperhatikan menjawab pertanyaan bekerjasama mempresentasikan jawaban merespon jawaban siswa lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diajukan beberapa saran yaitu (1) bagi peneliti selanjutnya model problem solving dapat digunakan untuk mengetahui variabel lain misalnya motivasi berprestasi dan hasil belajar (2) model pembelajaran problem solving selain dapat digunakan pada mata pelajaran PKn bisa diterapkan pada mata pelajaran lain misalnya mata pelajaran matematika IPS dan biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57227

Actions (login required)

View Item View Item