Penerapan strategi pembelajaran paradigma pedagogi ignatian (Reflektif) terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi berprestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Sekolah Dasar / Albertus Hartana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran paradigma pedagogi ignatian (Reflektif) terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi berprestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Sekolah Dasar / Albertus Hartana

Hartana, Albertus (2016) Penerapan strategi pembelajaran paradigma pedagogi ignatian (Reflektif) terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi berprestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Sekolah Dasar / Albertus Hartana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartana Albertus. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (Reflektif) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Pedagogi Ignatian Hasil Belajar Motivasi Berprestasi Paradigma Pedagogi Ignatian (Reflektif) adalah seni atau cara berpikir dan bertindak yang menyaturagakan nilai-nilai kemanusiaan ke dalam setiap materi ajar dalam proses pembelajaran. Para siswa tidak hanya mengetahui materi ajar saja tetapi mereka diajak untuk menemukan makna yang terkandung dalam setiap materi ajar (pengalaman). Para siswa aktif mencari sendiri dan atau bersama-sama dengan teman sebaya nilai-nilai kemanusiaan dari setiap materi ajar (refleksi) dan mewujudnyatakan nilai-nilai tersebut dalam tindakan (aksi) dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas VB Sekolah Dasar Kanisius Sengkan Yogyakarta dalam proses pembelajaran IPA dengan pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (reflektif). Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peneliti mengadopsi model PTK yang dirancang oleh Bruce W. Tuckman and Brian E. Happer (2012). Nilai rata-rata hasil belajar siklus 1 adalah 13 85 dan siklus 2 adalah sebesar 15 03 dengan demikian diperoleh perbedaan rata-rata sebesar 1 175 dimana nilai rata- rata hasil belajar siklus 1 adalah lebih rendah dan hasil belajar siklus 2 adalah lebih tinggi. Dari uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2 466 dan t tabel sebesar 2 000 dengan probabilitas sebesar 0 016 pada taraf signifikansi 0 05. Karena nilai t hitung lebih besar dari tabel dan karena probabilitasnya jauh di bawah 0 05 maka penerapan pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (reflektif) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SD Kanisius Sengkan Yogyakarta dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian tentang motivasi berprestasi siswa diperoleh bahwa nilai rata- rata motivasi berprestasi siklus 1 adalah 108 23 dan siklus 2 adalah sebesar 116 05 dengan demikian diperoleh perbedaan rata-rata sebesar 7 825 dimana nilai rata-rata motivasi berprestasi siklus 1 adalah lebih rendah dan nilai rata-rata motivasi berprestasi siklus 2 adalah lebih tinggi. Dari uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2 572 dan t tabel sebesar 2 000 dengan probabilitas sebesar 0 012 pada taraf signifikansi 0 05. Karena nilai t hitung lebih besar dari tabel dan karena probabilitasnya jauh di bawah 0 05 maka penerapan pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (Reflektif) juga dapat meningkatkan motivasi berprestasi belajar siswa kelas VB SD Kanisius Sengkan Yogyakarta dalam pembelajaran IPA. i

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57225

Actions (login required)

View Item View Item