Pengembangan suplemen pembelajaran berbasis komputer pada latihan soal perkalian dan pembagian untuk siswa sekolah dasar kelas 3 di SDN Segodorejo Jombang / Henky Muktiadji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen pembelajaran berbasis komputer pada latihan soal perkalian dan pembagian untuk siswa sekolah dasar kelas 3 di SDN Segodorejo Jombang / Henky Muktiadji

Muktiadji, Henky (2015) Pengembangan suplemen pembelajaran berbasis komputer pada latihan soal perkalian dan pembagian untuk siswa sekolah dasar kelas 3 di SDN Segodorejo Jombang / Henky Muktiadji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muktiadji Henky 2015. Pengembangan Suplemen Pembelajaran Berbasis Komputer pada Latihan Soal Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 di SDN Segodorejo Jombang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Ed M.Pd (II) Saidah Ulfa M.Ed Ph.D Kata Kunci Suplemen Pembelajaran Aritmatika Penelitian Pengembangan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung telah banyak dikembangkan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu seorang guru dituntut untuk bisa menghadirkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media atau suplemen pembelajaran berbasis komputer merupakan salah satu cara agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suplemen pembelajaran berbasis komputer pada latihan soal perkalian dan pembagianuntuk siswa kelas 3 di SDN Segodorejo Jombangyang layak digunakan dalam pembelajaran di kelas serta untuk mengetahui minat siswa terhadap suplemen pembelajaran yang dihasilkan ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Wiliam W. Lee dan Diana L. Owens dengan tahapan penelitiannya adalah analisis desain pengembangan penerapan dan evaluasi. Data yang didapat dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitataif berupa saran-saran dari hasil validasi oleh para ahli sedangkan data kuntitatif berupa angka dari angket yang diisi siswa setelah menggunakan suplemen pembelajaran. Uji kelayakan produk dari validasi oleh ahli media mendapatkan skor 88 3 % dengan kualifikasisangat layak. Validasi dari ahli desain mendapatkan skor 87 5 % dengan kualifikasisangat layak. Sedangkan validasi ahli materi mendapatkan skor 70 % dengan kualifikasi layak. Uji coba yang dilakukan pada kelompok kecil untuk melihat respon siswa terhadap media ini mendapat persentase sebesar 87 5 % dan dikategorikan sangat layak. Sedangkan uji coba yang dilakukan pada kelompok besar media ini mendapat persentase sebesar 86 6 % dan juga dikategorikan sangat layak. Untuk uji minat siswa mendapatkan hasil 90% dengan kriteria minat siswa baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa suplemen pembelajaran ini layak digunakan oleh siswa kelas 3 sekolah dasar sebagai pelengkap pembelajaran materi perkalian dan pembagian. Karena suplemen pembelajaran sifatnya tidak harus diberikan pada pembelajaran namun disarankan suplemen pembelajaran ini bisa diberikan kepada siswa sebagai materi pengayaan karena dari uji coba lapangan suplemen ini terbukti layak dipakai dan bisa meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran materi perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57223

Actions (login required)

View Item View Item