Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk matakuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar / Mesach Dayunison Parumbuan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk matakuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar / Mesach Dayunison Parumbuan

Parumbuan, Mesach Dayunison (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk matakuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar / Mesach Dayunison Parumbuan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Parumbuan Mesach Dayunison. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Untuk Matakuliah Desain Pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci pengembangan web bahan ajar berbasis web desain pesan. Teknologi web memungkinkan pembelajar untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif efisien menarik dan interaktif untuk memfasilitasi belajar pebelajar. Kenyataan dilapangan khususnya di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar masih belum memanfaatkan media web dengan optimal baik dalam menyajikan materi atau melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan penilaian pada matakuliah desain pesan pembelajaran masih terpusat pada dosen dosen menyajikan materi secara verbal di kelas bahan ajar yang digunakan masih sangat abstrak karena hanya didominasi teks menyebabkan mahasiswa pasif dan kesulitan dalam memahami konsep-konsep desain pesan dan merancang desain pesan sesuai dengan prinsip-prinsip desain pesan. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004) untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis web. Langkah-langkah pengembangan dalam model ini adalah 1) penilaian kebutuhan (need assessment) dan analisis awal-akhir (front-end analysis) 2) desain (design) 3) pengembangan (development) 4) implementasi (implementation) dan 5) evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data ialah angket dan tes hasil belajar. Data dalam pengembangan ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari skor angket dan tes hasil belajar dan data kualitatif berupa saran dan komentar. Dalam pengembangan ini data dari ahli isi ahli media ahli desain uji perorangan uji kelompok kecil uji lapangan merupakan evaluasi formatif sedangkan data dari hasil tes belajar adalah evaluasi sumatif. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap subjek coba menunjukkan bahan ajar berbasis web untuk matakuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli isi diperoleh skor 98% (sangat layak) penilaian ahli media 92% (sangat layak) penilaian ahli desain 96% (sangat layak) dan uji coba perorangan 3 mahasiswa 81% (sangat layak) dan dosen pengampu matakuliah 95% (sangat layak) uji kelompok kecil 78% (layak) dan uji lapangan 83% (sangat layak). Untuk menilai tingkat efektivitas maka produk diimplemetasikan kedalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji efektivitas terhadap 34 orang mahasiswa diperoleh persentase mahasiswa yang mencapai kelulusan sebesar 85% yang berarti produk bahan ajar berbasis web untuk matakuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar sangat efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57222

Actions (login required)

View Item View Item