Mahara, Ichwan (2015) Pengembangan e-modul pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMPN 1 Takengon / Ichwan Mahara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahara Ichwan. 2015. Pengembangan E-Modul Pada Pelaksanaan Metode CIRC Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa SMP N 1 Takengon . Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan e-modul Bahasa Inggris Metode CIRC. Teknologi dalam dunia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dimana peran tersebut dapat membantu jalanya proses pembelajaran sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pemanfaatan teknologi media memiliki porsi tersendiri sebagai strategi penyampaian yang disajikan dalam bentuk E-modul pembelajaran sehingga pebelajar diarahkan pada pencarian suatu tujuan dan langkah-langkah belajar tertentu sebab e-modul merupakan paket program untuk keperluan belajar. Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri dalam mempelajarinya tidak hanya pemahaman teori saja yang dipahami tetapi penguasaan pengucapan kata maupun kalimat juga diperlukan sehingga terpadu antara teori dan praktek dalam berbahasa. Pengembangan ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk berupa e-modul pembelajaran yang dapat digunakan pada saat proses pembelajaran baik secara klasikal maupun individual. 2) dapat mengatasi kekurangan berupa bahan ajar disekolah. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R D) dengan model desain pembelajaran ASSURE. Dalam pelaksanaanya model ASSURE mempunyai 6 langkah tindakan yang meliputi (1) analisis pebelajar (2) menentukan tujuan pembelajaran (3) memilih metode media dan materi (4) menggunakan media dan materi (5) mendorong partisipasi pebelajar (6) evaluasi dan perbaikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Takengon semester genap tahun ajaran 2014/2015. Jenis data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah terdiri dari hasil data validasi para ahli dan hasil data uji coba perorangan kelompok kecil dan kelompok besar (audiens). Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah 1) angket 2) wawancara dan 3) tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk media e-modul pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan dari data hasil validasi para ahli dan data uji coba audiens. Hasil data validasi para ahli menunjukkan bahwa 1) hasil data validasi ahli materi adalah 72% 2) hasil data validasi ahli desain adalah 92 8% dan 3) hasil data validasi ahli media adalah 93 1%. Sedangkan hasil data uji coba audiens menunjukkan bahwa 1) hasil data uji coba perorangan adalah 86 2% 2) hasil data uji coba kelompok kecil adalah 89 0% 3) hasil data uji coba lapangan adalah 86 6% dan 4) hasil data tes hasil belajar siswa adalah 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan media E-modul ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan sebagai solusi terhadap kurangnya bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57214 |
Actions (login required)
View Item |