Pengembangan sistem pembelajaran berbantuan web dengan mengaplikasikan strategi self-regulated learning / Dinda Aya Sofia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem pembelajaran berbantuan web dengan mengaplikasikan strategi self-regulated learning / Dinda Aya Sofia

Sofia, Dinda Aya (2015) Pengembangan sistem pembelajaran berbantuan web dengan mengaplikasikan strategi self-regulated learning / Dinda Aya Sofia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofia Dinda Aya. 2015. Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbantuan Web dengan Mengaplikasikan Strategi Self-Regulated Learning.Tesis Program Studi Teknologi PembelajaranProgram Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Saida Ulfa M. Edu Ph.D. Kata kunci Pengembangan Pembelajaran Web Strategi Self-Regulated Learning. Pemanfaatan internet di dunia pendidikan bukan lagi menjadi hal yang baru. Program e-learning menjadi salah satu metode pilihan dalam pendidikan saat ini. Dengan konsep belajar ini pebelajar dapat belajar dengan tak terbatas waktu dan tempat. Tetapi jika dilihat dari keefektifaannya tidak banyak lembaga pendidikan menjalankannya dengan efektif. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya partisipasi para pengajar dan pebelajar dalam menggunakan e-learning. Penerapan strategi self-regulated learning dalam penelitian ini dilakukan melalui pemanfaatan software aplikasi berbasis web. Web tersebut berisi seperangkat materi yang memungkinkan pebelajar dapat merancang tujuan belajarnya memilih kegiatan belajarnya sampai dengan melakukan evaluasi atas tingkat penguasaan materi yang dipelajarinya. Dengan menggunakan sumber belajar ini memungkinkan pebelajar menganalisis tugasnya sendiri memotivasi dirinya untuk dapat melaksanakan dengan baik serta memonitor keterlaksanaan kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sistem pembelajaran berbantuan web yang di dalamnya menerapkan strategi Self-regulated learning. Selain itu pengembangan ini juga bertujuan untuk menyediakan sebuah lingkungan belajar yang baru bagi pebelajar untuk berkesempatan melakukan interaksi dan diskusi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Adapun Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee Owens. Model yang dikembangkan oleh William W. Lee dan Diana L. Owens ini dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain model ini dirancang khusus untuk multimedia-based instructional design sehingga sesuai apabila digunakan untuk mengembangkan lingkungan belajar online.Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pembelajaran Angkatan 2014. Produk pengembangan ini divalidasikan kepada Ahli Materi Ahli Media dan Ahli Pembelajaran serta diuji-cobakan kepada mahasiswa Pascasarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang berjumlah 24 orang. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid sehingga layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 93 68% ahli media mencapai tingkat kevalidan 74% ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 85 33% hasil uji coba kepada mahasiswa secara perseorangan mencapai tingkat kevalidan 80% hasil uji coba kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 81 19% dan hasil uji coba lapangan mencapai tingkat kevalidan 82 95%. Berdasarkan hasil pengembangan maka diharapkan adanya penelitian-penelitian lain yang sejenis. Misalnya penelitian untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pembelajaran berbantuan web. Selain itu diharapkan pula untuk dapat menggali lebih dalam tentang teori-teori dan aplikasi teknologi pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57213

Actions (login required)

View Item View Item