Pengembangan multimedia interaktif model kooperatif tipe number heads together (NHT) untuk tenaga pengajar SD di Malang / Muhammad Agus Sugiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif model kooperatif tipe number heads together (NHT) untuk tenaga pengajar SD di Malang / Muhammad Agus Sugiarto

Sugiarto, Muhammad Agus (2015) Pengembangan multimedia interaktif model kooperatif tipe number heads together (NHT) untuk tenaga pengajar SD di Malang / Muhammad Agus Sugiarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agus Muhammad. 2015.Pengembangan Multimedia Interaktif Model Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Untuk Tenaga Pengajar SD Di Malang. Thesis Jurusan Teknologi PembelajaranProgram PascasarjanaUniversitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd.(II) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Si. Kata Kunci PengembanganMultimedia Interaktif Model Kooperatif Tipe Number Heads Together untuk Tenaga Pengajar Model pembelajaran sangat menentukan keberhasilan anak didik dalam menuntut ilmu. Salah satu modelyang sering digunakan adalah model kerja kelompok dalam kegiatan pembelajaran namun masih kurangefektif dan efisien karena kurangnya pemahaman model-model pembelajaran kooperatif seperti model kooperatif tipe number heads together.seperti di SDN Kesatrian 2 Malang. Tenaga pengajar tidak dapat menerapakan metode kerja kelompok karena Kurangnya pemahaman tenaga pengajar tentang berbagai tipe model pembelajaran kooperatif. Hal tersebut dikarenakan kurangnya waktu tenaga pengajar untuk mengikuti pelatihan karena dari jam mengjar yang padat. Tujuan pengembangan ini adalah memberikan multimedia interaktif tentang model kooperatif tipe number heads together yang dioperasikan dengan menggunakan komputer atau laptop. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Wiliam W. Lee Diana L. Owens. Adapun tahapan-tahapan tersebut yaitu (1) Analisis (Analysis) (2) Desain (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Penerapan (Implementation) dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek Penelitian ini adalahtenaga pengajar kelas IV V dan VI di SDN Kesatrian 2 Malang tenaga pengajar kelas IV V dan VI di SD Katolik Santa Maria II dan tenaga pengajar kelas IV V dan VI di SDN Lowokwaru 3 Malang. Pengembangan multimedia interaktif ini divalidasi oleh ahli materi Dr. Dedi Kuswandi M.Pd selaku dosen Pascasarjana jurusan teknologi pembelajaran Universitas Negeri Malang dan ahli media ialah Saida Ulfa S.T. M.Edu Ph.D selakudosen Pascasarjana jurusan teknologi pembelajaran Universitas Negeri Malang. Produk yang dihasilkan berupa multimedia interaktif model kooperatif tipe number heads together dalam bentuk program aplikasi sehingga dapat di-copy-paste kan pada setiap komputer/laptop pengguna. Produk ini pun dikemas dalam bentuk CD juga penyimpanan digital (flashdisk) dan disertai pula buku petunjuk. Berdasarkan hasil perhitungan angket aspek kelayakan yang diperoleh dari ahli materi 85% yang berarti layak dari ahli media 65% yang berarti layak digunakan. aspek kemudahan yang diuji coba pada tenaga pengajar memperoleh presentase 85% yang berarti multimedia interaktif mudah digunakan. aspek kemenarikan yang diuji cobakan pada tenaga pengajar memperoleh presentase 88 5% yang berarti multimedia interaktif menarik digunakan. aspek pelaksanaan yang diperoleh dari rublik penilaian penerapan model kooperatif tipe number heads together memperoleh presentase91 5 yang berarti tenaga pengajar mampu melaksanakan. Dan aspek keefektifan yang diperoleh dari seluruh siswa yang memenuhi KKM diperoleh presentase 83 3% yang berarti pembelajaran dengan model kooperatif tipe number heads together dikatakan efektif. Saran yang diajukan kepada kepala sekolah adalahmultimedia interktif tentang model kooperatif tipe number heads together dapat dijadikan sebagai alternatif untuk tenaga pengajar dalam mempelajari kooperatif tipe number heads together supaya dapat memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran. Saran bagi tenaga pengajar dalam menggunakan multimedia sebaiknya membaca dan mempelajari dengan baik petunjuk pemanfaatan.Kepada para siswa untuk lebih meningkatkan konsentrasi dan motivasi pada saat proses belajar mengajar. Sedangkan saran bagi pengembang selanjutnyadisarankan untuk lebih meningkatkan baik secara desain tampilan program maupun sistem program yang digunakan.perlu dikembangkan pula materi yang dalam multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57212

Actions (login required)

View Item View Item