Darojat, Achmad (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VIII SMP / Achmad Darojat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Darojat Achmad. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Prodi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Setiap kegiatan belajar mengajar potensi media tidak mungkin diabaikan dan seringkali objek yang akan dipelajari terlalu kompleks. Guru dalam hal ini juga dituntut untuk memanfaatkan media yang dapat menarik minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang sudah tervalidasi untuk kelas VIII SMPN 13 Malang. Diharapkan multimedia pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran IPA. Pengembangan multimedia pembelajaran dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas VIII SMP ini menggunakan model pengembangan Lee Owens dan dapat diuraikan sesuai dengan tahapan sebagai berikut (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Penerapan dan (5) Evaluasi. Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah produk multimedia pembelajaran dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas VIII SMP yaitu berupa DVD dan terdiri dari (4) materi (1) petunjuk pemanfaatan (17) gambar (1) animasi (3) video sistem tata surya dan (1) instrumen musik (1) quiz interaktif. Pengembangan multimedia pembelajaran ini menyangkut materi-materi IPA yang telah dikemas dalam bentuk multimedia pembelajaran sehingga mudah untuk dipahami oleh siswa-siswi kelas VIII SMP. Hasil uji coba pengembangan Multimedia pembelajaran pada ahli media sebesar 88 4% (valid). Data Hasil uji coba kevalidan dan pengembangan metode multimedia pembelajaran pada ahli materi sebesar 95% (valid). Sedangkan data hasil uji coba kevalidan dan pengembangan metode multimedia pembelajaran pada audiens atau responden sebesar 96% (valid) hasil uji coba audiens kelompok kecil sebesar 93% (valid) dan tes hasil belajar sebesar 100% (efektif). Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut masuk dalam keterangan valid sehingga layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Saran yang didapat dari ahli media yaitu sebaiknya cover DVD multimedia pembelajaran dicetak menggunakan cetak laser bukan cetak inkjet.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57211 |
Actions (login required)
View Item |