Pengaruh strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pembelajaran sejarah / Muhamad Mukhlason - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pembelajaran sejarah / Muhamad Mukhlason

Mukhlason, Muhamad (2015) Pengaruh strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pembelajaran sejarah / Muhamad Mukhlason. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukhlason Muhamad. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran (Peta Konsep dan Rangkuman) dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) motivasi berprestasi hasil belajar. Salah satu penyebab yang melatarbelakangi pembelajaran Sejarah di MAN Kraton Pasuruan belum dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan adalah strategi yang digunakan dalam menyampaikan mata pelajaran Sejarah masih menggunakan strategi konvensional dan interaksi dalam proses belajar mengajar di sekolah kerapkali bersifat monolog. Upaya yang akan dilakukan dalam memperbaiki proses pembelajaran pada bidang studi Sejarah dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan strategi peta konsep dan strategi rangkuman. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi peta konsep dengan kelas yang menggunakan strategi rangkuman (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) ada tidaknya interaksi antara penggunaan strategi (peta konsep dan rangkuman) dan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi dengan desain faktorial 2 x 2 dengan subyek penelitian siswa kelas X MAN Kraton Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2014/2015 pada mata pelajaran Sejarah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan tes motivasi berprestasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ini menggunakan ANOVA dua jalur dengan bantuan analisis statistik SPSS release 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan strategi peta konsep dengan kelas yang menggunakan strategi rangkuman (2) ada perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. (3) tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Sejarah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran-saran sebagai berikut (1) saran pemanfaatan strategi peta konsep hendaknya digunakan sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran Sejarah karena sudah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa (2) bagi penelitian lanjutan disarankan untuk menguji keefektivan strategi peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah dengan menggunakan variabel moderator gaya kognitif. ABSTRAK Mukhlason Muhamad. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran (Peta Konsep dan Rangkuman) dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) motivasi berprestasi hasil belajar. Salah satu penyebab yang melatarbelakangi pembelajaran Sejarah di MAN Kraton Pasuruan belum dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan adalah strategi yang digunakan dalam menyampaikan mata pelajaran Sejarah masih menggunakan strategi konvensional dan interaksi dalam proses belajar mengajar di sekolah kerapkali bersifat monolog. Upaya yang akan dilakukan dalam memperbaiki proses pembelajaran pada bidang studi Sejarah dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan strategi peta konsep dan strategi rangkuman. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi peta konsep dengan kelas yang menggunakan strategi rangkuman (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) ada tidaknya interaksi antara penggunaan strategi (peta konsep dan rangkuman) dan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi dengan desain faktorial 2 x 2 dengan subyek penelitian siswa kelas X MAN Kraton Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2014/2015 pada mata pelajaran Sejarah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan tes motivasi berprestasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ini menggunakan ANOVA dua jalur dengan bantuan analisis statistik SPSS release 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan strategi peta konsep dengan kelas yang menggunakan strategi rangkuman (2) ada perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. (3) tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Sejarah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran-saran sebagai berikut (1) saran pemanfaatan strategi peta konsep hendaknya digunakan sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran Sejarah karena sudah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa (2) bagi penelitian lanjutan disarankan untuk menguji keefektivan strategi peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah dengan menggunakan variabel moderator gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57210

Actions (login required)

View Item View Item