Pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw II dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Jabung / Dedy Ariyanto

Ariyanto, Dedy (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw II dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Jabung / Dedy Ariyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyanto, Dedy. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jabung. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd dan (II) Dr. AJE Toenlioe, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Kognitif Mata pelajaran IPA mempunyai pengaruh yang penting bagi kehidupan manusia. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan hasil belajar kognitif Matapelajaran IPA pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw II dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional (ceramah), 2) perbedaan hasil belajar kognitif matapelajaran IPA antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah, 3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif jigsaw II dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matapelajaran IPA. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan eksperimen kuasi dengan desain factorial sederhana 2 x 2. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Jabung Malang dengan jumlah siswa 210 siswa. Siswa yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu : kuisioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar matapelajaran IPA. Hasil penelitian ini adalah : 1) nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model kooperatif jigsaw II lebih tinggi (sebesar 4,500) dari pada hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model konvensional (sebesar 1,241); 2) nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi sebesar 3,250 sedangkan yang memiliki motivasi berprestasi rendah sebesar 2,296; 3) siswa kelompok eksperimen dengan motivasi berprestasi tinggi memiliki hasil belajar IPA paling baik sebesar 4,692 sedangkan siswa kelompok kontrol dengan motivasi berprestasi rendah memiliki hasil belajar IPA paling jelek sebesar 0,429. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan : 1) model pembelajaran kooperatif Jigsaw II berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, dimana hasil belajar matapelajaran IPA pada siswa kelompok eksperimen (diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II) lebih tinggi dari pada hasil belajar matapelajaran IPA pada siswa kelompok kontrol (diajar menggunakan model konvensional); 2) motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Hasil belajar matapelajaran IPA pada siswa yang motivasi berprestasi tinggi lebih baik daripada hasil belajar matapelajaran IPA pada siswa yang motivasi berprestasi rendah; 3) tidak ada interaksi signifikan antara pembedaan model pembelajaran dan pembedaan motivasi berprestasi dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa matapelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57208

Actions (login required)

View Item View Item