Utami, Deka Dyah (2015) Pengembangan sistem pembelajaran berbasis learning social network ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa program magister TEP UM 2014 / Deka Dyah Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utami Deka Dyah. 2015. Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Learning Social Network Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa Program Magister TEP UM 2014.Tesis. Prodi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (2) Saida Ulfa M.Edu Ph.D Kata Kunci Pengembangan sistem pembelajaran Edmodo ASSURE web facilitated learning learning social network motivasi ARCS. Pengembangan sistem pembelajaran ini menawarkan solusi bagi terbatasnya alokasi waktu pembelajaran untuk menguasai seluruh kompetensi yang telah ditetapkan dengan memberi kemudahan bisa mengakses pembelajaran dimana saja kapan saja dan dengan siapa saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan sistem pembelajaran baru berbasis learning social network dan meninjau motivasi mahasiswa. Penelitian ini memanfaatkan Learning Social Network (Edmodo) dengan menggunakan metode web facilitated learning sehingga jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R D). Menggunakan model pengembangan ASSURE yang memiliki enam langkah (1) analisa pebelajar (2) menetapkan tujuan pembelajaran (3) memilih metode media dan materi (4) menggunakan metode media dan materi (5) mendorong partisipasi pebelajar dan (6) evaluasi. Sistem pembelajaran yang telah dikembangkan diimplementasikan pada mata kuliah Media Pembelajaran dan Model Pembelajaran dengan subjek penelitian 24 mahasiswa.Pengembangan pembelajaran menghasilkan beberapa spesifikasi produk yaitu (1) desain sistem pembelajaran berupa RPP (2) buku petunjuk pemanfaatan Edmodo bagi dosen dan mahasiswa (3) akun grup pembelajaran Edmodo dan (4) portofolio produk akhir mahasiswa. Produk pembelajaran telah divalidasi dan diujicobakan dengan perolehan nilai rata-rata hasil validasi (85 42%) valid dan rata-rata hasil ujicoba (80 40%) valid dengan kesimpulan produk pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa temuan produk pembelajaran berbasis learning social network menggunakan rancangan model ASSURE dapat (1) memberi pengalaman belajar baru bagi mahasiswa(82 22%) (2) berdampak positif terhadap motivasi belajar mahasiswa (81 17% (3) dapat memfasilitasi pembelajaran bersifat praktik (90 21%) maupun yang bersifat teoritik(81 19%) (4) memudahkan dosen dan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran serta (5) membantu tercapainya seluruh tujuan pembelajaran dalam satu semester. Diharapkan adanya jenis penelitian lain untuk mengetahui pengaruh dan efektifitas pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis learning social network dan diharapkan menerapkan pembelajaran berbasis learning social network pada mata kuliah lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57207 |
Actions (login required)
View Item |