Safitri, Niken Dani (2015) Pengembangan video pembelajaran tematik tema pertanian untuk kelas 3 SDN Pule 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri / Niken Dani Safitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Safitri Niken Dani. 2014. Pengembangan Video Pembelajaran Tematik Tema Pertanian Untuk Kelas 3 SDN Pule 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tesis Prodi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Video Pembelajaran Pembelajaran Tematik Kelas 3 SD/MI. Pembelajaran di kelas 3 SDN Pule 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri sudah menerapkan Tematik namun masih terdapat keterbatasan yaitu pada media pendukung pembelajaran yang bersifat lebih konkrit seperti video pembelajaran. Nilai mata pelajaran PKN Bahasa Indonesia Matematika IPA dan IPS siswa kelas 3 rata-rata di bawah KKM dan siswa merasa ingin belajar menggunakan media yang baru dan menarik dalam pembelajaran. Untuk menangani masalah tersebut maka pengembang memutuskan untuk mengembangkan sebuah media yang sesuai untuk pembelajaran tematik siswa kelas 3 SDN Pule 2 dengan tema pertanian yaitu Video Pembelajaran Tematik Tema Pertanian Untuk Kelas 3 SD/MI. Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE Adapun tahap-tahap model tersebut yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation.. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dari saran dan kritik yang diberikan oleh validator dan siswa serta data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angket penilaian oleh validator dan siswa dan tes hasil belajar siswa Hasil dari pengembangan ini adalah berupa video pembelajaran Tema Pertanian. Secara keseluruhan validasi video pembelajaran Tema Pertanian ini dinyatakan sangat layak artinya media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dibuktikan dengan hasil presentase uji coba ahli materi sebesar 81 6 % termasuk kualifikasi sangat layak hasil persentase uji coba ahli desain sebesar 96 6 % termasuk kualifikasi sangat layak hasil presentase uji coba ahli media sebesar 86 6 % termasuk kualifikasi sangat layak hasil presentase uji coba audiens/siswa perorangan sebesar 98 32 % termasuk kualifikasi sangat layak hasil presentase uji coba audiens/siswa kelompok kecil sebesar 89 55 % termasuk kualifikasi sangat layak hasil presentase uji coba audiens/siswa lapangan sebesar 92 74 % termasuk kualifikasi sangat layak. Untuk tes hasil belajar rata-rata hasil belajar 80 42 dari 19 siswa terdapat 18 siswa (94 7%) yang mencapai KKM dan 1 siswa (5 3 %) yang belum mencapai KKM sehingga video pembelajaran ini efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57204 |
Actions (login required)
View Item |