Pengembangan bahan ajar bahasa Jerman untuk mahasiswa STIBA Malang / Gogot Satriyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bahasa Jerman untuk mahasiswa STIBA Malang / Gogot Satriyo

Satriyo, Gogot (2015) Pengembangan bahan ajar bahasa Jerman untuk mahasiswa STIBA Malang / Gogot Satriyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Satriyo Gogot.2015. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jerman Untuk Mahasiswa STIBA Malang. Tesis.Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sulton M.Pd. (II) Prof.Dr.Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. Kata Kunci Bahan Ajar Bahasa Jerman STIBA Malang 12288 12288 12288 12288 Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Jerman dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran. Salah satu alternatif media yang dapat mendukung mahasiswa dalam memahami Bahasa Jerman adalah dengan bahan ajar cetak. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar cetak dalam rangka meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap matakuliah Bahasa Jerman sebagai bahasa kedua. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menggunakan desain pengembangan ADDIE. Desain ADDIE terdiri dari lima tahapan pengembangan yaitu Analyse Design Development Implementation and Evaluation. Data yang telah dikumpulkan melalui serangkaian dibagi menjadi tiga bagian yaitu (1) data dari uji coba para ahli berupa review ahli materi ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran (2) data hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (3) data dari hasil tes belajar mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah angket wawancara dan tes hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Setelah dikonversikan dengan tingkat validitas penilaian ahli materi ahli desain dan ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar ini berada pada kriteria sangat layak. Persentase keseluruhan angket pada uji coba kelompok kecil menunjukkan rerata 97 92% yang berarti bahwa bahan ajar ini berada dalam kriteria sangat layak. Rerata persentase angket tanggapan mahasiswa terhadap bahan ajar dalam uji coba lapangan adalah 88 13%. Setelah dikonversikan dengan tabel validitas rerata persentase menunjukkan bahwa bahan ajar ini berada pada kriteria sangat layak. Berdasarkan serangkaian uji coba yang dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. 12288 12288 12288 12288 Data tes belajar mahasiswa yang dilakukan menunjukkan bahwa persentase mahasiswa yang mendapat kriteria nilai A sebesar 73 68%. Hasil tersebut selanjutnya dikonversikan dengan tingkat efektifitas menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan berada pada kriteria cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57203

Actions (login required)

View Item View Item