Pengembangan modul fotografi untuk kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Arif Yudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul fotografi untuk kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Arif Yudianto

Yudianto, Arif (2015) Pengembangan modul fotografi untuk kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Arif Yudianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yudianto Arif. 2014. Pengembangan Modul Fotografi Digital Untuk Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus JE. Toenlioe M.Pd. (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu Ph.D. Kata kunci Pengembangan Modul. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran akan sukses jika semua komponen berfungsi untuk mencapat tujuan tertentu diantara komponennya adalah bahan ajar. Bahan ajar mempunyai peranan penting dalam pembentukan kualitas lulusan agar memiliki keterampilan yang sesuai kompetensi keahliannya. Perlunya Pengembangan karena bahan ajar yang digunakan selama ini berupa lampiran materi ditulis dengan bahasa formal belum mendeskripsikan struktur isi materi belum berorientasi pada karakteristik matapelajaran dan peserta didik dan belum menggunakan desain pembelajaran yang baku. Pengembangan merupakan salah satu dari lima bidang garapan teknologi pembelajaran bertujuan memecahkan permasalahan pembelajaran. Kelima bidang garapan tersebut adalah desain pengembangan pemanfaatan pengelolaan dan evaluasi. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan produk paket pembelajaran yaitu modul panduan peserta didik dan panduan guru yang tervalidasi praktis efektif dari segi waktu dan menarik dirancang sesuai analisis kebutuhan di lapangan. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan produk berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dan desain pembelajaran model Dick Carey dengan tahapan (1) Identifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis karakteristik peserta didik (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembeiajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) merevisi produk pembetajaran (10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Pengembangan ini hanya sampai tahap kesembilan. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian pengembangan dikelompokkan menjadi tiga yaitu (1) data evaluasi tahap pertama hasil validasi ahli isi materi ahli desain dan ahli media pembelajaran (2) data evaluasi tahap kedua hasit penilaian/ tanggapan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil (3) data uji coba lapangan hasil penilaian/tanggapan peserta didik dan guru matapelajaran serta tes. Instrumen pengumpulan data dokumentasi angket wawancara dan tes. 12288 12288 12288 12288 Hasil kajian produk yang telah direvisi disimpulkan bahwa (1) Modul pembelajaran dikembangkan secara sistematis dan sistemik berdasarkan analisis kebutuhan di lapangan (2) Produk paket pembelajaran dianggap telah memenuhi syarat atau kriteria kelayakan melalui tahapan penyusunan analisis dan revisi produk sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran dalam upaya pemecahan masalah belajar di SMK Muhammadiyah 3 Singosari khususnya pada jurusan multimedia kelas XI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57202

Actions (login required)

View Item View Item