Irawan, Robby Yunia (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis Mobile Learning untuk pembelajaran artikel dan nomina kelompok peminatan bahasa Jerman kelas X SMAN 1 Lawang / Robby Yunia Irawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Irawan Robby Yunia. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Pembelajaran Artikel dan Nomina Kelompok Peminatan Bahasa Jerman Kelas X SMAN 1 Lawang. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Saida Ulfa ST. M.Edu. Ph.D. Keywords Mobile Learning Artikel. 12288 12288 12288 12288 Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran materi Artikel bahasa Jerman dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran. Salah satu alternatif media yang dapat mendukung siswa dalam memahami Artikel adalah media berbasis mobile learning. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning dalam rangka meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi Artikel. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini menggunakan Model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan pengembangan yaitu Analyze Design Development Implementation and Evaluation. Data yang telah dikumpulkan melalui serangkaian evaluasi dibagi menjadi tiga bagian yaitu (1) data dari uji coba para ahli berupa review ahli materi ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran (2) data hasil review uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (3) data dari hasil tes belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket wawancara dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Setelah dikonversikan dengan tingkat validitas penilaian ahli materi ahli desain dan ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran ini berada pada kriteria sangat layak. Persentase keseluruhan angket pada uji coba kelompok kecil menunjukkan rerata 97 08% yang berarti bahwa media pembelajaran ini berada dalam kriteria sangat layak. Rerata persentase angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran dalam uji coba lapangan adalah 88 13%. Setelah dikonversikan dengan tabel tingkat validitas rerata persentase menunjukkan bahwa media pembelajaran ini berada dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan serangkaian uji coba yang dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran materi Artikel. Data tes belajar siswa yang dilakukan menunjukkan bahwa persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM sebesar 73 68%. Hasil tersebut selanjutnya dikonversikan dengan tingkat efektifitas menunjukkan bahwa produk media pembelajaran yang dihasilkan berada pada kriteria cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57199 |
Actions (login required)
View Item |