Pengembangan media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) mata pelajaran fisika materi sistem tata surya untuk siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang / Agusti Mardikaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) mata pelajaran fisika materi sistem tata surya untuk siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang / Agusti Mardikaningsih

Mardikaningsih, Agusti (2014) Pengembangan media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) mata pelajaran fisika materi sistem tata surya untuk siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang / Agusti Mardikaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mardikaningsih Agusti. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) Mata Pelajaran Fisika Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Malang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Dr Punaji Setyosari. M.Pd. M.Ed. (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu Ph.D Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) Fisika Sistem Tata Surya Teknologi Pembelajaran saat ini memiliki peranan penting untuk memfasilitasi belajar yang terjadi di dalam kelas sehingga pembelajaran memiliki daya tarik dan kebermaknaan tersendiri bagi siswa. Pengajar yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran di kelas secara klasikal harus selalu memiliki kreatifitas dan inovasi. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan guru adalah penggunaan media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan Media Pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) Sistem Tata Surya yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran serta dapat meningkatkan perhatian dan daya serap siswa dalam memahami materi (2) Memvalidasi kualitas produk dan mengukur ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal. Prosedur pengembangan media pembelajaran AR-Book menggunakan model ADDIE yang didasarkan pada asumsi analisis masalah dan kebutuhan melalui wawancara dan observasi secara langsung sehingga didapatkan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Terdapat beberapa langkah dalam model pengembangan ADDIE (1) Analysis (Analisis) (2) Design (Desain) (3) Development (Pengembangan) (4) Implementation (Implementasi) (5) Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan interaksi yang terjadi di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) cukup memuaskan. Hal ini berarti adanya proses interaksi antara guru dan siswa secara signifikan. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan kepada ahli materi ahli media dan siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) Sistem Tata Surya layak atau valid digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IX. Dengan masing masing presentase dari (1) Ahli materi (96 2%) dengan kriteria valid/ layak (2) Ahli media (95%) dengan kriteria valid/ layak (3) Siswa perorangan (97 5%) dengan kriteria valid/ layak (4) Siswa kelompok kecil (94 5%)dengan kriteria valid/ layak (5) Siswa kelompok besar (93%) dengan kriteria valid/ layak. Hasil belajar siswa juga telah menunjukkan ketuntasan belajar (80 9%). Hal ini menunjukkan bahwa media AR-Book berhasil dalam memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57198

Actions (login required)

View Item View Item