Pengembangan paket pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk siswa kelas VII (tujuh) SMP IT Asy-Syadzili Pakis Malang / Miftahus Surur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk siswa kelas VII (tujuh) SMP IT Asy-Syadzili Pakis Malang / Miftahus Surur

Surur, Miftahus (2014) Pengembangan paket pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk siswa kelas VII (tujuh) SMP IT Asy-Syadzili Pakis Malang / Miftahus Surur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Surur Miftahus. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk siswa kelas VII SMP IT Asy-Syadzili Pakis Malang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M. (II) Saida Ulfa ST. M.Edu Ph.D. Kata kunci Pengembangan Paket Pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan produk paket pembelajaran yaitu bahan ajar panduan peserta didik dan panduan guru yang tervalidasi praktis efektif dari segi waktu dan menarik dirancang sesuai analisis kebutuhan empirik di lapangan. Pengembangan produk berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dan desain pembelajaran model Dick Carey sampai pada tahap kesembilan. Data penelitian pengembangan dikelompokkan menjadi tiga yaitu (1) data evaluasi tahap pertama hasil validasi ahli isi materi ahli desain dan ahli media pembelajaran (2) data evaluasi tahap kedua hasil penilaian/tanggapan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil (3) data uji coba lapangan hasil penilaian/tanggapan peserta didik serta tes. Instrumen pengumpulan data dokumentasi angket wawancara dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk bahan ajar cetak yang dilengkapi panduan peserta didik dan panduan guru. Persentase hasil penilaian/tanggapan validator dan uji coba lapangan terhadap produk paket pembelajaran adalah 87 4%. Artinya berada dalam kriteria sangat layak (81% - 100%) pada tabel konversi tingkat pencapaian dengan skala Likert. Hasil kajian produk yang telah direvisi disimpulkan bahwa (1) Produk paket pembelajaran dikembangkan secara sistematis dan sistemik berdasarkan analisis kebutuhan empirik di lapangan (2) Produk paket pembelajaran dianggap telah memenuhi syarat atau kriteria kelayakan melalui tahapan penyusunan analisis dan revisi produk sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran dalam upaya pemecahan masalah belajar di SMP IT Asy-Syadzili Pakis Malang khususnya dengan ketersediaan paket pembelajaran yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57196

Actions (login required)

View Item View Item