Farianto, Aris (2014) Pengembangan paket pembelajaran teknik budidaya tanaman kedelai pada mata pelajaran teknik produksi tanaman pengan untuk kelas X SMK-Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa-Palembang / Aris Farianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
12288 12288 12288 12288 Farianto Aris. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Teknik Budidaya Tanaman Kedelai Pada Mata Pelajaran Tanaman Pangan Untuk Kelas X SMK-PPN Sembawa-Palembang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed dan (2) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. Kata kunci Pengembangan Paket pembelajaran Teknik Budidaya Tanaman Kedelai Dick and Carey. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan paket pembelajaran merupakan salah satu upaya mengembangkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan belajar. Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa 1) pembelajaran teknik budidaya tanaman kedelai menggunakan paket satuan ketrampilan belum dirancang khusus untuk keperluan proses belajar 2) komponen-komponen paket satuan ketrampilan belum sesuai dengan standar isi 3) tidak adanya petunjuk pembimbingan terhadap siswa. Oleh karena itu dipandang perlu untuk merancang dan mengembangkan paket pembelajaran. Tujuan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk paket pembelajaran yang terdiri dari bahan ajar panduan guru dan panduan siswa yang tervalidasi. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan paket pembelajaran ini berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengacu pada rancangan pembelajaran model Dick Carey (2001). Data pengembangan dikelompokkan menjadi tiga tahap pertama data penilaian ahli isi ahli media dan ahli desain pembelajaran kedua data tanggapan ujicoba perorangan dan kelompok kecil ketiga data tanggapan ujicoba lapangan. Instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi angket wawancara dan tes. 12288 12288 12288 12288 Hasil penilaian ahli isi untuk bahan ajar panduan guru dan panduan siswa masuk dalam kualifikasi layak. Penilaian ahli media untuk bahan ajar panduan guru dan panduan siswa masuk dalam kualifikasi sangat layak. Penilaian ahli desain pembelajaran terhadap bahan ajar panduan guru dan panduan siswa masuk dalam kualifikasi layak. Hasil uji coba perorangan pada panduan siswa terdapat 4 kesalahan pengetikan dan 3 kata-kata sulit dipahami yang membutuhkan penjelasan pada bahan ajar terdapat 5 kesalahan pengetikan. Hasil tanggapan uji coba kelompok kecil pada bahan ajar dan panduan siswa masuk dalam kualifikasi layak dan hasil tanggapan uji coba lapangan masuk dalam kualifikasi sangat layak untuk bahan ajar dan panduan siswa hasil penilaian guru mata pelajaran masuk dalam kualifikasi sangat layak untuk bahan ajar dan panduan guru. Secara keseluruhan dari penilaian ahli isi ahi desain dan ahli media hingga uji coba lapangan data yang diperoleh menunjukkan bahwa produk pengembangan bahan ajar sudah baik dan layak dipergunakan sebagai salah satu sumber belajar mata pelajaran Teknologi Produksi Tanaman Pangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57195 |
Actions (login required)
View Item |