Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran teknik komputer jaringan kelas XI SMK Widyagama Malang / Raup Padillah

Padillah, Raup (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran teknik komputer jaringan kelas XI SMK Widyagama Malang / Raup Padillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Padillah, Raup. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Kelas XI SMK Widyagama Malang. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes. (II) Dr. Sihkabuden, M.Pd. Kata Kunci : Media, Pembelajaran Berbasis WEB, Teknik Komputer Jaringan Mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah salah satu mata pelajaran prosedural pada jurusan TKJ. Materi pelajaran TKJ yang dipelajari siswa SMK harus sesuai dengan perkembangan teknologi. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan tersebut peniliti merumuskan beberapa permasalahan yang dialami siswa kelas XI pada mata pelajaran TKJ di SMK Widyagama Malang, yaitu; (1) berkurangnya waktu belajar siswa, (2) selama ini guru hanya menggunakan buku pelajaran sebagai media pembelajaran utama dalam mengajar, (3) beberapa materi perlu adanya gambar atau animasi untuk memperjelas materi, (4) siswa kesulitan dalam melaksankan praktik, dan (4) sulitnya pemberian tugas pada siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah belajar tersebut. Prosedur pengembangan pembelajaran berbasis WEBmenggunakan model Lee & Owens (2004) dengan melalui beberapa tahap yaitu; (1) Analisis; (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Komponen yang dihasilkan pada pengembangan ini berupa : (1) WEB sebagai media pembelajaran, (2) panduan pemanfaatan bagi siswa, dan (3) panduan pemanfaatan bagi guru/admin. Pada validasi materi yang telah dilakukan mendapatkan perolehan skor rata-rata sebesar 85%, pada tahap validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 93,33%, pada tahap validasi ahli desain pembelajaran diperoleh skor rata-rata 90,33%, pada uji perorangan mendapatkan skor rata-rata sebesar 84,16%, pada uji kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 79,4%, dan pada uji lapangan diperoleh skor 80,16%. Skor rata-rata keseluruhan data tersebut diperoleh peroleh 87,8%. Nilai tersebut jika dimasukkan pada tabel konversi berada pada kategori valid/layak, sehingga secara keseluruhan hasil pengembangan dapat gunakan dalam proses pembelajran mata pelajaan TKJ. Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB dapat dilakukan untuk sasaran yang lebih luas karena dalam tahap diseminasi memungkinkan produk pengembangan mudah didistribusikan dan dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan bahan ajar cetak. Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB dalam jumlah cakupan materi yang luas dan prinsip-prinsip media berbasis WEB disusun secara baik akan menjadikan siswa belajar secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57193

Actions (login required)

View Item View Item