Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fiqih kelas X dengan pokok bahasan haji dan umrah di MA Itmamunnajah Pasongsongan Sumenep Madura tahun pelajaran 2013-2014 / Abdur Rofik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fiqih kelas X dengan pokok bahasan haji dan umrah di MA Itmamunnajah Pasongsongan Sumenep Madura tahun pelajaran 2013-2014 / Abdur Rofik

Abdur , Rofik (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran fiqih kelas X dengan pokok bahasan haji dan umrah di MA Itmamunnajah Pasongsongan Sumenep Madura tahun pelajaran 2013-2014 / Abdur Rofik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rofik Abdur. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Dengan Pokok Bahasan Haji Dan Umrah di MA Itmamunnajah Pasongsongan Sumenep Madura. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Effendi M.Pd. M.KEs. (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Multimedia pembelajaran Fiqih Haji dan Umrah 12288 12288 12288 12288 Pemanfaatan multimedia pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran khususnya untuk meningkatkan akselerasi pemahaman pebelajar terhadap penyajian konten pembelajaran. Pengembangan multimedia pembelajaran ini dimaksudan untuk menfasilitasi kesulitan belajar pebelajar dalam mempelajari materi Haji dan Umrah yang sarat akan hafalan dan praktek. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa pebelajar merasa kesulitan dalam mempelajari materi Fiqih pada pokok bahasan Haji dan Umrah hal ini didasarkan pada suatu kenyataan bahwa untuk mempelajari materi Haji dan Umrah pebelajar membutuhkan suatu media yang mampu mengakomodir materi secara kongkrit dan sekaligus mampu memvisualisasikan praktek Haji dan Umrah secara langsung dalam proses pembelajaran seperti visualisasi ketentuan Miqat Visualisasi ibadah Thawaf visualisasi Ibadah Sa I visualisasi ibadah Melontar Jumrah dan visualisasi ibadah manasik Haji dan Umrah lainnya. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Lee Owens (2004). Dalam tahap pelaksanaannya model Lee Owens mensyaratkan lima tahapan yaitu assessment/analyze (need assessment dan front-end analysis) design development implementation dan evaluation. Jenis data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah terdiri dari hasil data validasi para ahli dan hasil data uji coba audiens. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah 1) angket 2) wawancara dan 3) tes hasil belajar pebelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengembangan produk multimedia pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil data validasi para ahli dan hasil data uji coba audiens. Hasil data validasi para ahli menunjukkan bahwa 1) hasil data validasi ahli isi adalah 94 11% 2) hasil data validasi ahli desain adalah 88 78% dan 3) hasil data validasi ahli media adalah 96 87%. Sedangkan hasil data uji coba audiens menunjukkan bahwa 1) hasil data uji coba perorangan adalah 98 71% 2) hasil data uji coba kelompok kecil adalah 95 08% 3) hasil data uji coba lapangan adalah 96 41% dan 4) hasil data tes hasil belajar adalah 97 05%. Sedangkan hasil data penilaian dan tanggapan guru pengampu mata pelajaran Fiqih dan pebelajar kelas X terhadap pemanfaatan produk multimedia dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa 1) hasil data penilaian guru pengampu mata pelajaran Fiqih kelasX adalah 100% dan 2) hasil data tanggapan pebelajar kelas X adalah 94 85%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57192

Actions (login required)

View Item View Item