Pengembangan multimedia interaktif book (MIBook) berbasis mobile pada mata kuliah bahasa Melayu untuk pra-mahasiswa pada Fatoni University Thailand / Sanee Samae - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif book (MIBook) berbasis mobile pada mata kuliah bahasa Melayu untuk pra-mahasiswa pada Fatoni University Thailand / Sanee Samae

Samae, Sanee (2014) Pengembangan multimedia interaktif book (MIBook) berbasis mobile pada mata kuliah bahasa Melayu untuk pra-mahasiswa pada Fatoni University Thailand / Sanee Samae. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saneesamae 2014 Pengembangan Multimedia Interatif Book (mibook) Berbasis Mobile Pada Mata KuliahBahasaMelayuuntukPra-mahasiswa ILA OfFatoniUniversitas.Tesis Program StudiTeknologiPembelajaran Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. PunadjiSetyosori M.Pd M.Edu (II) Dr. SaidaUlfa M.Edu. Kata kunci pengembangan multimedia interatif paketpembelajaranbahasaMelayu teknologi mobile. Pada era global sekaranginiteknologi mobile berkembangsangatpesat.Demikian pula denganperkembangan media yang digunakandalamduniapendidikanataupembelajaran.Berbagaiperangkatkeratmaupunperangkatlunakdalamduniateknologi pun dimasukansebagaialatbantupembelajaranuntuksemuamatakuliahdengantidakterkecualimatakuliahbahasaMelayu. Artinyasemuasumberuntukmelakukankomunikasi yang dimaksdkanadalahperangkatkeras seperti computer mobile projector danperangkatlunaksepertiAurasma studio UleadVideoStudio 11 Corel Draw x3 serta multimedia.PengembanganMultimeidainteratif book (mibook) berbasis mobileuntukmenampilan video yang adadidalambahan ajar mibook. Tujuanpengembanganmibookiniadalahuntukmenghasilkan media pembelajaran yang valid untukpembelajaranbahasaMelayu.Pengembanganini di ujicobakanpadapra-mahasiswa di ILA of Fatoni University padakelasbesis level. Dalampenelitianiniyakni 3 orang pra-mahasiswadalamujicobaperorangan 6 orang pra-mahasiswadalamujicobakelompokkecil dan11 orang pra-mahasiswadalamujicobalapangandansatu guru bahasaMelayu. Penelitianpengembanganinimenggunakanangket/ kuisionerdenganskala 5 sebagai instrument dalampengumpulan data.Hasilpengembanganiniditemukan dariujivalidasiprodukolehAhliisibidangstudibahasaMelayumencapai85 71 % kualifikasilayak Ahli media mencapai 98 33 % kualifikasisangatlayak Ahlidesainmencapai99 63 % kualifikasisangatlayak ujicobaperoranganmencapai 84 16 % kualifikasilayak ujicobakelompokkecilmencapai 85 41 % kualifikasilayak danujicobalapanganmencapai 89 77 % kualifikasilayak. Berdasarkanhasilpengembangan yang telahdilakukan dapatdisimpulkanbahwabahan ajar mibookberbasis mobile untukmatakuliahbahasaMelayu telah valid danlayakdigunakandalampembelajaranbahasaMelayu.Saran dalampengembanganinimeliputi sebelummenggunakanbahanajarmibookinipembelajarhandaknyamemahamisistematikadalampaketpembelajaransebelummenggunakanbahan ajar mibook produkbahan ajar mibookini akanlebihbermanfaatapabilapembelajarlebihdahulumempelajaripetunjukpenggunaandenganbaikdanbenarsebelummenggunakanbahan ajar mibook.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57190

Actions (login required)

View Item View Item