Pengembangan pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IX SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Edi Sutiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IX SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Edi Sutiono

Sutiono, Edi (2014) Pengembangan pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IX SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Edi Sutiono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sutiono Edi. 2014. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari.Tesis Program studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Saida Ulfa S.T M.Edu. Ph.D. Keyword Pengembangan pembelajaran berbasis web model Lee Owens (2004) 12288 12288 12288 12288 Kegiatan pembelajaran dengan cara konvensional menuntut siswa selalu hadir di sekolah. Siswa mendapatkan materi ajar dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan kegiatan wajib pada kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Terdapat beberapa kesenjangan akibat kebijakan tersebut yaitu (1) berkurangnya waktu belajar siswa (2) sulitnya mendapatkan materi (3) hilangnya kesempatan belajar bersama antar siswa (4) hilangnya kontrol guru dalam belajar dan (4) sulitnya pemberian penugasan kepada siswa. Pengembangan pembelajaran berbasis web yang dilakukan bertujuan bisa mengatasi masalah-masalah belajar di atas. Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet memungkinkan siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja serta guru tetap mampu memberikan kontrol belajar kepada siswa saat berada pada lokasi Praktik Kerja Lapangan (Prakerin). 12288 12288 12288 12288 Prosedur pengembangan pembelajaran berbasis web menggunakan model Lee Owens (2004) dengan melalui beberapa tahap yaitu (1) Analisis (dimulai dengan analisis kebutuhan dan dilanjutkan dengan analisis awal-akhir) (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi formatif. Komponen yang dihasilkan pada pengembangan ini berupa (1) Web sebagai media pembelajaran (2) Learning Object (3)Strategi pembelajaran online (4) panduan pemanfaatan bagi siswa dan (5) panduan pemanfaatan bagi guru/admin. 12288 12288 12288 12288 Pada validasi materi yang telah dilakukan mendapatkan perolehan skor rata-rata sebesar 89% pada tahap validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 92% pada tahap validasi ahli desain pembelajaran diperoleh skor rata-rata 86 45% pada uji perorangan mendapatkan skor rata-rata sebesar 87% pada uji kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 85 7% dan pada uji lapangan diperoleh skor 86 6%. Skor rata-rata keseluruhan data tersebut diperoleh peroleh 87 8%. Nilai tersebut jika dimasukkan pada tabel konversi skala likert berada pada kategori valid/layak sehingga secara keseluruhan hasil pengembangan dapat gunakan dalam proses pembelajran. 12288 12288 12288 12288 Saran diseminasi pada pengembangan ini hendaknya kepala sekolah merangkul semua guru mata pelajaran dan dinas pendidikan untuk memanfaatkan media yang telah dibuat. Sosialisasi dalam setiap kegiatan tentunya akan semakin membuat siswa mengerti dampak baik pembelajaran berbasis web. Jika akan dilakukan penyebaran hendaknya harus disesuaikan dengan lingkungan yang baru. Selanjutnya media web yang dikembangkan pada saat ini hanya sebatas materi Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI SMK saja. Untuk penggunaan skala besar sebaiknya ditambahkan mata pelajaran dan kelas yang berbeda dengan melibatkan lebih banyak instruktur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57188

Actions (login required)

View Item View Item