Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA kelas VIII SMP NU Pakis Malang / Dian Arief Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA kelas VIII SMP NU Pakis Malang / Dian Arief Pradana

Pradana, Dian Arief (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA kelas VIII SMP NU Pakis Malang / Dian Arief Pradana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pradana Dian Arief. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP NU Pakis Malang. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M. Pd. (II) Dr. Sihkabuden M. Pd. Kata kunci pengembangan multimedia pembelajaran interaktif model Lee and Owens. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII di SMP NU Pakis Malang. Proses pembelajaran mata pelajaran IPA membahas pokok bahasan yang meliputi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup beberapa sistem organ manusia dan sistem dalam kehidupan tumbuhan. Ditinjau dari karakteristik pembelajaran mata pelajaran IPA tersebut maka materi pembelajaran lebih banyak mempelajari tentang cara kerja beberapa organ pada manusia dan proses pada. Permasalahan timbul karena pembelajaran menggunakan buku cetak atau lembar kerja siswa tentu saja dirasakan kurang karena buku cetak hanya dapat menyajikan gambar diam saja sedangkan materi IPA yang dipelajari membutuhkan ilustrasi bagaimana proses tersebut terjadi. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengatasi permasalahan belajar siswa dengan mengembangkan media belajar berupa multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA yang bertujuan untuk memudahkan dan memotivasi siswa SMP dalam belajar materi pembelajaran IPA. Model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini adalah menggunakan model Lee and Owens di mana langkah-langkahnya adalah (1) Analisis yaitu melakuan kegiatan analisis kebutuhan sampai analisi awal-akhir (2) Perancangan (3) Pengembangan (4) Penerapan (5) Evaluasi. Dari hasil uji validasi produk pengembangan didapat data sebagai berikut ahli isi atau materi menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif mencapai kualifikasi layak dengan prosentase jawaban 86% ahli desain pembelajaran mencapai kualifikasi layak dengan prosentase jawaban 85% ahli media pembelajaran menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif mencapai kualifikasi cukup layak dengan prosentase jawaban 71 %. Dari hasil uji coba kelompok kecil didapat rata-rata prosentase jawaban 89% yang berarti produk berada pada kualifikasi layak. Langkah terakhir pada uji coba lapangan didapat rata-rata prosentase jawaban 70 4 % yang berarti produk berada pada kualifikasi cukup layak. Saran diseminasi produk pengembangan ini adalah agar produk ini dapat disebarluaskan dan digunakan oleh siswa SMP kelas VIII secara luas. Namun untuk pemanfaatan lebih luas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif ini perlu dipertimbangkan penyediaan fasilitas-fasilitas teknologi yang memadai seperti komputer atau laptop beserta earphone untuk memfasilitasi proses pembelajaran menggunakan produk multimedia pembelajaran interaktif ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57187

Actions (login required)

View Item View Item