Maymadya, Luvita (2014) Pengembangan tutorial Edmodo untuk tenaga pengajar / Luvita Maymadya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Maymadya Luvita. Pengembangan Tutorial Edmodo untuk Tenega Pengajar. Tesis Program studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (2) Dr. Wasis D Dwiyogo M. Pd. Kata Kunci pengembangan tutorial edmodo. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi pada tenaga pengajar di SMAN 1 Ponggok Kab. Blitar dapat diketahui bahwa guru masih belum dapat membangun pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu komputer dan internet. Sehingga hasil pembelajaran dirasa kurang maksimal. Sedangkan dewasa ini perkembangan IPTEK semakin pesat terutama teknologi komputer dan internet. Komputer dan internet pun semakin lazim digunakan dalam dunia pendidikan. Karena penggunaan komputer dan internet dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan para siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran misalnya masalah kecepatan belajar atau karakteristik belajar siswa yang berbeda-beda. Dalam hal ini edmodo dirasa mampu memecahkan masalah pembelajaran tersebut. Namun para tenaga pengajar belum dapat menggunakan edmodo karena ketrampilan mereka yang dirasa kurang 12288 12288 12288 12288 Selain kurangnya ketrampilan tenaga pengajar dalam hal memanfaatkan edmodo tenaga pengajar juga mengalami kendala yakni masalah selama pembelajaran berlangsung guru merasa kesulitan dalam mengendalikan siswa memiliki kendala rasa malu dan canggung untuk aktif di dalam kelas konvensional sehingga dapat mengaktualisasikan diri dengan maksimal aktualisasi siswa di kelas yang dirasa kurang maksimal waktu pemberian tugas dan materi dirasa tidak sesuai dengan target dan masalah media yang tepat untuk menangani berbagai masalah tersebut. Oleh karena itu perlu kiranya dikembangkan Tutorial Edmodo untuk Tenaga Pengajar yang berisi tutorial penggunaan dan pemanfaatan Edmodo dalam pembelajaran agar dapat digunakan tenaga pengajar untuk untuk memecahkan masalah tersebut. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan tutorial Edmodo ini adalah model ADDIE (2003). Model ADDIE adalah model desain system pembelajaran bersifat umum yang disederhanakan. Prosedur pengembangan model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (analisis) (2) Design (desain) (3) Development ( pengembangan) (4) Implementation (penerapan) (5) Evaluation (evaluasi). Namun pengembang hanya menggunakan pada langkah tiga saja 12288 12288 12288 12288 Hasil dari pengembangan ini adalah produk berupa kepingan CD yang berisi tutorial edmodo untuk tenaga pengajar dan tuntunan pemanfaatan edmodo dalam pembelajaran beserta buku panduan penggunaannya. Untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan tutorial edmodo maka dilakukan uji coba pada ahli materi ahli media dan calon pengguna yaitu tenaga pengajar. Berdasarkan hasil uji coba dapat dilaporkan sebagai berikut (1) uji coba ahli materi terhadap Tutorial Edmodo untuk Tenaga Pengajar menunjukkan hasil sebesar 92% (2) uji coba ahli media terhadap Tutorial Edmodo untuk Tenaga Pengajar menunjukkan hasil sebesar 93% (3) uji coba perorangan kepada tenaga pengajar terhadap Tutorial Edmodo untuk Tenaga Pengajar menunjukkan hasil sebesar 83% (4) uji coba kelompok kecil kepada tenaga pengajar terhadap Tutorial Edmodo untuk Tenaga Pengajar menunjukkan hasil sebesar 77% (5) uji coba lapangan kepada tenaga pengajar terhadap Tutorial Edmodo untuk Tenaga Pengajar menunjukkan hasil sebesar 73%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan yaitu berupa kepingan CD yang berisi Tutorial Edmodo telah layak dan valid untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57186 |
Actions (login required)
View Item |