Pengembangan paket pembelajaran anatomi hewan kelas X SMK SPP Negeri Pelaihari / Irawaty Riawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran anatomi hewan kelas X SMK SPP Negeri Pelaihari / Irawaty Riawan

Riawan, Irawaty (2014) Pengembangan paket pembelajaran anatomi hewan kelas X SMK SPP Negeri Pelaihari / Irawaty Riawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riawan Irawaty. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Anatomi Hewan Kelas X SMK-SPP Negeri Pelaihari. Tesis Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari MPd M.Ed. (2) Prof. Dr. Drs. Mohammad Effendi M.Pd M.Kes. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Anatomi Hewan Model Dick Carey Carey. Pengembangan paket pembelajaran merupakan upaya untuk membantu mendapatkan solusi mengenai permasalahan pada pembelajaran mata pelajaran Anatomi Hewan di SMK-SPP Pelaihari. Komponen sekaligus langkah-langkah utama dari model desain sistem pembelajaran Dick Carey Carey terdiri atas (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis instruksional (3) menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi ajar (8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif (9) melakukan revisi terhadap program pembelajaran dan (10) merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif. Komponen yang digunakan dan langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan ini hanya sampai pada tahap ke-9. Hal ini dilakukan karena pada tahap ke-10 tidak melibatkan perancang program melainkan penilai independen dan keterbatasan waktu penelitian. Hasil validasi ahli isi untuk bahan ajar mencapai kriteria sangat layak (97%) panduan guru sangat layak (93%) dan panduan siswa sangat layak (93%). Hasil validasi ahli media untuk bahan ajar mencapai kriteria sangat layak (86%) panduan guru sangat layak (82%) dan panduan siswa sangat layak (88%). Hasil validasi ahli desain untuk bahan ajar mencapai kriteria sangat layak (98%) panduan guru sangat layak (98%) dan panduan siswa sangat layak (94%). Hasil uji coba perorangan untuk bahan ajar mencapai kriteria sangat layak (82%) dan panduan siswa sangat layak (88%). Hasil uji coba kelompok kecil untuk bahan ajar mencapai kriteria sangat layak (93%) dan panduan siswa sangat layak (95%). Hasil uji coba lapangan untuk bahan ajar mencapai kriteria sangat layak (94%) dan panduan siswa sangat layak (93%). Hasil tanggapan guru mata pelajaran untuk bahan ajar mencapai kriteria sangat layak (96%) dan panduan guru sangat layak (100%). Sedangkan perolehan nilai pretest dan posttest pada penggunaan bahan ajar terdapat kenaikan sebesar 29%. Dari kajian produk yang telah direvisi maka paket pembelajaran Anatomi Hewan dapat digunakan untuk siswa kelas X di SMK-SPP Negeri Pelaihari Kalimantan Selatan. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Anatomi Hewan maka perlu diperhatikan saran pemanfaatan diseminasi dan pengembangan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57185

Actions (login required)

View Item View Item