Pengembangan paket bahan ajar budidaya ternak ruminansia kelas XI SMK-SPP Provinsi Maluku / Justus Junus Metekohy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bahan ajar budidaya ternak ruminansia kelas XI SMK-SPP Provinsi Maluku / Justus Junus Metekohy

Metekohy, Justus Junus (2014) Pengembangan paket bahan ajar budidaya ternak ruminansia kelas XI SMK-SPP Provinsi Maluku / Justus Junus Metekohy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metekohy Justus Junus 2014. Pengembangan Paket Bahan Ajar Budidaya Ternak Ruminansia Kelas XI SMK-SPP Provinsi Maluku. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd. Kata kunci Budidaya Ternak Ruminansia paket pembelajaran pengembangan model Dick Carey 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Budidaya Ternak Ruminansia adalah mata pelajaran wajib yang diberikan pada kelas X XI dan XI program studi peternakan. Permasalahan yang terjadi di SMK-SPP Provinsi Maluku yaitu belum adanya paket pembelajaran Budidaya Ternak Ruminansia yang digunakan guru dan peserta didik yang telah melalui uji kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini sebagai salah satu alternatif memecahkan permasalahan belajar di SMK-SPP Provinsi Maluku yaitu dengan mengembangkan paket bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan tuntutan kurikulum. Tujuan penggembangan ini adalah menghasilkan paket bahan ajar Budidaya Ternak Ruminansia kelas XI semester 1 yang didesain secara sistematis dan disesuaikan untuk keperluan pembelajaran dengan memperhatikan kurikulum karakteristik dan kebutuhan peserta didik di SMK-SPP Provinsi Maluku. Model yang digunakan dalam pengembangan paket pembelajaran ini adalah model Dick Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah. Namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yaitu 1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum 2) melakukan analisis pembelajaran 3) menganalisis peserta didik dan konteks 4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih bahan ajar 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif dan 9) merevisi paket pembelajaran. Sumber data penelitian berasal dari ahli isi mata pelajaran ahli desain dan media pembelajaran 3 orang peserta didik pada uji coba perorangan 9 orang peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan 30 orang peserta didik pada uji coba lapangan beserta 1 orang guru mata pelajaran Budidaya Ternak Ruminansia dan angket penilaian/tanggapan dari para ahli guru dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan untuk data hasil angket komentar dan saran dari para ahli guru dan peserta didik sedangkan analisis deskriptif kuantitatif dilakukan untuk data hasil angket penilaian kelayakan paket bahan ajar budidaya ternak ruminansia yang dikembangkan. 12288 12288 12288 12288 Produk pengembangan yang dihasilkan berupa paket bahan ajar yang terdiri dari bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Hasil pengembangan berupa draf paket pembelajaran diujicobakan melalui dua tahapan yaitu 1) review ahli yang terdiri dari ahli isi mata pelajaran ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran 2) uji coba pengguna (siswa) yang terdiri dari uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penilaian/tanggapan komentar dan saran dari masing-masing tahapan digunakan sebagai masukan untuk revisi sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya. Hasil penilaian/tanggapan terhadap paket bahan ajar yang diperoleh saat evaluasi formatif adalah sebagai berikut 1) ahli isi mata pelajaran untuk Bahan ajar 93 7% Panduan Guru 84 4% dan Panduan Siswa 80% 2) ahli desain pembelajaran untuk Bahan ajar 99 % Panduan Guru 100% dan Panduan Siswa 100% 3) ahli media pembelajaran untuk Bahan ajar 91 1% Panduan Guru 90% dan Panduan Siswa 90% 4) uji coba perorangan untuk Bahan ajar 92 2% Panduan Siswa 89 2% 5) uji coba kelompok kecil untuk Bahan ajar 90 4% Panduan Siswa 90 6% 6) uji coba lapangan untuk Bahan ajar 91 5% Panduan Siswa 92 5%. Semua hasil penilaian/tanggapan menunjukkan bahwa paket bahan ajar yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik. Artinya paket pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57184

Actions (login required)

View Item View Item